Hot!

Tanda siklus haid yang tidak wajar !! Simak disini yuk

Tanda siklus haid yang tidak wajar !! Simak disini yuk

Setiap wanita yang pasti mengalami yang namanya haid. Ketika haid tiba tubuh rasanya sakit semua. Mau beraktivitas seperti biasanya pun rasanya susah sekali. Yang di rasakan hanya istirahat total di rumah saja tanpa melakukan pekerjaan – pekerjaan berat. Iya kan !! Namun pernah kah kalian mencoba untuk mengecek apakah sebenarnya siklus haidmu itu wajar ataupun tidak, atau jangan – jangan ada yang tidak beres dengan siklus haidmu.

Untuk memastikannya yuk coba cek disini bun. Ladies, berikut ini ada beberapa tanda yang sebaiknya anda waspadai sebab hal ini bisa menjadi sinyal yang kurang wajar dari siklus haidmu.

1. Tanggal Siklus Yang Tidak Teratur
Tanda yang pertama adalah tanggal siklus yang tidak teratur. Siklus haid yang normal biasanya terjadi 21-45 hari. Saat di awal-awal baru haid ataupun menjelang menopause, siklus haid tidak teratur masih dianggap wajar dan normal. Namun jika anda tidak berada di dalam masa itu namun siklus haidmu tidak teratur, alangkah baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Jika siklus haid datang kurang dari 21 hari ataupun lebih dari 45 hari dari haid yang sebelumnya, maka anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter. Siklus haid yang terlalu berdekatan ataupun berjauhan dengan haid sebeumnya dapat menjadi gejala hyperthyroidism atau hypothyroidism (terlalu banyak ataupun sedikit hormon tiroid). Penyebab dari hal ini sebenarnya bermacam – macam. Salah satu penyebabnya adalah stres dan perubahan pola makan. Selain itu, diet yang berlebihan atau olahraga yang berat juga dapat membuat haid menjadi semakin jarang terjadi.

2. Nyeri Perut Yang Sangat Menyakitkan
Tanda yang kedua adalah nyeri perut yang sangat menyakitkan. Ketika haid datang biasanya perut akan terasa nyeri dan kram. Kram perut yang terjadi dengan taraf ringan itu masih normal. Namun jika sakit yang terjadi hingga membuatmu menjadi susah untuk bergerak ataupun beraktivitas, bisa jadi anda mengalami masalah. Apalagi jika kram perut ini membuatmu susah untuk sekadar berjalan biasa, anda perlu lebih waspada akan hal ini. Biasanya kram perut yang menyiksa dapat menjadi tanda rahim memproduksi terlalu banyak prostaglandin dan dapat menjadi pertanda endometriosis ataupun masalah reproduktif yang serius lainnya.

3. Darah yang Keluar Banyak dan Menggumpal
Tanda yang ketiga adalah darah yang keluar banyak dan menggumpal. Selain dua hal yang di atas anda juga sangat di sarankan untuk mengecek darah yang keluar ketika haid. Biasanya saat sedang haid memang akan ada darah yang keluar menggumpal. Namun jika darah yang menggumpal tersebut jumlahnya sangat banyak, hal ini ini dapat menjadi gejala adanya gangguan tiroid, polycystic ovarian syndrome, ataupun penyakit lainnya.

4. Keluar Darah di Luar Siklus Haid
Tanda yang keempat adalah keluar darah di luar siklus haid. Jika ada darah yang keluar di antara dua siklus haid ataupun  di luar siklus haid, anda perlu untuk lebih waspada ladies. Sebab hal ini dapat menjadi gejala kadar hormon progesteron yang cukup rendah ataupun gangguan keseimbangan hormon. Penyebab lain dari pendarahan di tengah siklus haid juga dapat dikarenakan adanya gejala awal menjelang menopause atau bisa juga di karenkan efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi tertentu.

5. Perdarahan Yang Abnormal
Tanda yang kelima adalah pendarahan yang abnormal. Ladies kalian perlu waspada jika darah haid keluar lebih dari tujuh hari berturut – turut dan anda sampai harus mengganti pembalut setiap jamnya. Hal ini dapat menjadi anda mengalami perdarahan yang tidak normal. Perdarahan abnormal ini dapat disebabkan oleh banyak hal misalnya seperti endometriosis, kista rahim, dan hipotiroidisme. Jika darah yang keluar di luar batas wajar, anda juga harus selalu waspada tentang risiko mengalami anemia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *