Hot!

Sukses Bekerja Sambil Berbisnis

Sukses Bekerja Sambil Berbisnis

Bekerja sekaligus merintis usaha. Bagaimana sih kunci suksesnya ?? Anda seorang pekerja namun juga pengusaha ?? Sekarang ini banyak sekali orang berkarir merambah ke dunia usaha. Mereka pun bisa sukses di pekerjaannya dan sukses juga dalam usahanya. Hal disebabkan karena kemajuan teknologi yang terjadi saat ini. Jika dulu, menjadi pengusaha selalu identik dengan membuka toko atau pun lapak untuk menjual dagangannya. Namun saat ini banyak sekali model bisnis yang dapat dilakukan tanpa harus mempunyai toko. Contohnya adalah bisnis Online atau freelancer.

Untuk menjalankan bisnis ini pun tidaklah gampang. Apalagi anda juga menjalani profesi lainnya. Jangan khawatir , berikut ada beberapa hal yang dapat membantu anda dalam menjalani perkerjaan anda sambil merintis usaha.

1. Pintar dalam pengelolaan keuangan pribadi dan usaha

Hal pertama yang harus dilakukan adalah anda harus memisahkan pengelolaan keuangan hasil dari pekerjaan kantor dan dari bisnis yang sedang di jalankan. Pengelolaan uang yang baik dapat menjadi kunci untuk sukses bekerja sambil berbisnis. Anda harus mengetahui berapa pemasukan bersih anda dari bisnis dan berapa pula penghasilan dari pekerjaan kantor anda. Hal ini berfungsi untuk menganalisis kinerja bisnis anda. Selain itu anda juga dapat menetapkan strategi menabung yang tepat.

2. Displin untuk diri sendiri

Kunci dari sebuah kesuksesan salah satunya adalah disiplin. Hal ini patut dilakukan untuk mempertahankan kinerja dan kredibilitas anda, baik terhadap atasan anda saat dikantor ataupun klien dalam bisnis. Selain itu melatih mental disiplin juga dapat membuat anda selalu siap untuk menghadapi tantangan dan masalah di kedua pekerjaan tersebut. Sekaligus untuk mempersiapkan diri untuk membagi waktu dengan lebih baik.

3. Buatlah jadwal harian

Agar semua berjalan dengan baik dan lancar anda perlu membuat jadwal harian. Jika anda sudah membuat kelompok tugas – tugas yang dapat dikerjakan secara bersamaan maka anda dapat memulai membuat jadwal. Sebaiknya ,anda jangan membuat jadwal yang terlalu padat agar anda dapat beristirahat dan bisa berfikir dengan rileks. Jika anda sudah mulai terbiasa untuk membagi jadwal antara pekerjaan kantor dan bisnis, maka anda pun juga dapat mengatur pembagian waktu dengan baik.

4. Buatlah semacam prioritas

Didalam sebuah pekerjaan dibutuhkan sebuah prioritas. Prioritas ini sangat dibutuhkan untuk menyeimbangkan pekerjaan kantor dan bisnis anda. Bagi para pemula, anda dapat mencoba prioritas 80% dan 20% maksudnya anda dapat memprioritaskan pekerjaan kantor dengan waktu 80% sedangkan 20% nya untuk waktu berbisnis. Dengan hal ini anda dapat mengukur berapa persen prioritas waktu yang tepat untuk anda lakukan setiap harinya dalam menjalani kedua pekerjaan tersebut.

Untuk memulai sebuah bisnis tidak harus dengan modal yang besar. Tidak harus dengan membuka toko atau yang lainnya. Yang terpenting anda harus bisa berhemat dan anda harus bisa menabung untuk modal usaha. Mulai saat ini banyak sekali orang – orang yang menggunakan kartu kredit ,padahal kartu kredit ini adalah salah satu sumber masalah yang tidak disadari oleh banyak orang. Sebab jika anda menggunakan kartu kredit anda akan sulit untuk berhemat. Karena selama anda memegang kartu kredit ini anda pasti akan selalu melakukan transaksi transaksi yang tidak penting. Hal ini lah yang akan membuat anda gagal untuk berhemat. Jadi sebaiknya gunakanlah kartu kredit anda sesuai kebutuhan saja agar anda lebih mudah untuk berhemat. Belajar berhemat sedini mungkin sangatlah penting untuk kehidupan yang akan datang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *