Hot!

Sering kurang fokus ?? Mungkin ini penyebabnya !!

Sering kurang fokus ?? Mungkin ini penyebabnya !!

Fokus. Sebuah kata dengan 5 huruf F.O.K.U.S !! Fokus adalah memusatkan perhatian kepada satu tujuan. Mungkin terlihat gampang untuk dilakukan tetapi nyatanya fokus merupakan hal yang susah sekali di dapatkan dari sebagian orang. Hal ini seringlah terjadi pada setiap orang. Tidak hanya kaum wanita saja ,kaum pria pun juga sering tidak fokus. Entah itu saat bekerja ,bersekolah atau saat menjalani aktivitas lainnya.

Biasanya orang yang tidak bisa fokus adalah kaum wanita. Karena perasaan wanita sangatlah peka ,jadi setiap mereka sedang ada masalah pasti mereka selalu tidak fokus saat bekerja atau saat menjalani aktivitas lainnya. Mungkin raganya memang berada di tempat tersebut ,tetapi pikirannya tidak berada disana. Entah apa yang sedang dipikirkan !!

Ada istilah sindrom “Attention Deficit Hyperactivity Disorder”  atau ADHD, hal ini berkaitan dengan ketidakmampuan seseorang untuk berkonsentrasi. Lantas apa saja penyebab yang dapat membuat kita kehilangan daya fokus ,berikut penyebabnya :

1. Sosial Media

Seberapa banyak Sosia Media yang anda miliki ? Apakah semuanya sering anda gunakan ? Semakin banyak sosial media yang anda punya pasti semakin membingungkan juga untuk menggunakannya.

Biasanya sosial media inilah yang membuat daya fokus menjadi berkurang. Banyak survei yang membuktikan bahwa membuka sosial media lebih utama dibanding dengan pekerjaan inti. Ada beberapa fakta banyak orang terlena dengan sosial media ini ,mereka sering melupakan pekerjaan inti mereka dan malah asyik bermain sosial media. Mereka lebih mementingkan poto atau postingan di facebook, twitter, instagram, dan sosial media lainnya. Belum lagi jika ada comment di blog, email atau pesan penting yang masuk. Pastilah mereka akan mengesampingkan pekerjaan inti mereka dan mendahulukan untuk membalas comment tersebut. Alhasil pekerjaan anda menjadi keteteran dan tidak selesai.

Sebaiknya anda bisa membedakan mana waktu yang tepat untuk bermain sosial media dan mana waktu yang tepat untuk bekerja. Dengan hal ini anda dapat fokus untuk bekerja dan menyelesaikan tugas anda dengan tepat waktu.

2. Bingung Dalam Menentukan Prioritas

Setiap orang pasti mempunyai prioritas yang berbeda – beda. Namun prioritas yang paling utama adalah agama, keluarga, pekerjaan, dan lain sebagainya. Kita pun juga sudah sadar akan hal itu ,namun kita seringkali tidak bisa menerapkan dalam kehidupan kita.

Banyak sekali orang orang yang menomor satu kan uang dan ibadah menjadi nomor dua. Teman dunia maya menjadi hal yang pertama, dan keluarga menjadi yang kedua. Nah ,hal inilah yang membuat daya fokus menjadi terbagi.

Tak sedikit yang mengalami masalah ini. Namun ,ada beberapa pula yang bisa bersikap tegas. Anda sangat perlu untuk selalu mengingatkan diri sendiri untuk memprioritaskan kewajiban yang lebih utamakan. Sedangkan hal – hal yang lainnya dapat dilakukan jika prioritas utama sudah selesai.

3. Kurang Tidur

Biasanya kebanyakan tidur identik dengan malas. Tetapi kurang tidur juga menyebabkan daya fokus berkurang. Sebaiknya anda beristirahat dengan waktu yang ideal yaitu 8 jam perharinya. Jangan lebih dan kurang. Kebanyakan tidur akan membuat anda jadi pusing dan rasanya malas. Dan jika kurang tidur akan membuat anda cepat lelah, pusing, kurang connect dan kadang kurang berselera.

Bagaimanapun kondisinya tubuh pun sangat membutuhkan tidur yang cukup. Jika anda terlalu memforsir tubuh anda ,ini tidaklah baik untuk kesehatan anda. Maka aturlah waktu yang tepat untuk anda beristirahat.

Nah ,itulah beberapa penyebab anda menjadi kurang fokus saat bekerja. Maka dari itu jika anda sedang bekerja alangkah baiknya jika sambil bermain sosial media atau yang lainnya. Sebab hal ini dapat mengurangi tingkat kefokusan anda.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *