Hot!

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Pendidikan karakter anak usia dini merupakan pendidikan untuk anak usia yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan karakter pada dalam diri anak agar mempunyai karakter yang baik. Pendidikan karakter pada anak harus dilakukan sejak dini atau anak yang berusia 0 – 6 tahun. Karena pada usia inilah otak anak sedang dalam pesat – pesatnya dalam berkembang. Pada masa ini pula anak mulai mampu menyerap informasi yang dia dengar. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa pengalaman yang diperoleh anak pada usia dini mampu menentukan kehidupannya disuatu hari nanti. Maka dari itu ,kami akan memberikan langkah – langkah yang tepat untuk membangun dan mengembangkan karakter anak pada usia dini.

Orang yang paling berperang penting dalam membangun dan mengembangkan karakter anak adalah orang tua dan juga keluarga terdekat. Alasannya karena keluarga merupakan tempat pertama pendidikan pada anak.

1. Keluarga Merupakan Tempat Pertama Pendidikan Anak

Maksudnya adalah sebuah keluarga merupakan orang – orang yang paling sering ditemui oleh anak. Jadi keluarga juga mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan karakter anak. Sebuah keluarga juga merupakan aktor yang paling penting dalam menentukan sifat anak. Jika anda bisa memberikan sifat yang baik di dalam keluarga maka suatu saat nanti sang anak juga akan mempunyai sifat yang sama. Karena dia akan berfikir jika dia selalu diajarkan hal yang baik dalam keluarganya. Sebaliknya jika di dalam keluarga memberikan contoh sifat yang buruk kelak anak juga akan mempunyai sifat yang sama. Karena dia akan berfikir “ keluarga saya seperti itu ,masak saya tidak “. Nah ,maka dari itu buatlah pola hidup yang baik dalam keluarga. Karena ini sangatlah berpengaruh terhadap karakter anak. Orang tua juga sangat bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter anak. Oleh karenanya ,berikan anak dengan pendidikan yang terarah dan berkesinambungan.

2. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak

Pola asuh adalah pola interaksi orang tua terhadap anak. Seperti tata cara orang tua berkomunikasi terhadap anak ,kontak fisik  dan perilaku orang tua. Jika anak membuat kesalahan jangan memarahi dia dengan membenta – bentak dan melakukan hal yang buruk seperti mencubitnya. Hal ini akan membentuk karakter anak sebagai orang yang kasar. Jika dia bersalah tenangkanlah dia dan nasihati dengan penuh kasih sayang.

3. Menanamkan Nilai – Nilai Yang Bermanfaat Dalam Pembentukan Karakter Anak

Nilai – nilai yang harus di tanamkan oleh orang tua terhadap anak untuk pembentukan karakternya yaitu :

  1. Tentang nilai – nila Agama ( Cinta Tuhan dan segenap ciptaannya )
  2. Tentang Kejujuran
  3. Rasa Kepemimpinan dan Keadilan
  4. Rasa Tanggung jawab, Kedisiplinan dan Kemandirian
  5. Rasa Hormat dan Rasa Santun
  6. Baik dan Rendah Hati
  7. Tentang Kedermawanan, Suka menolong dan Gotong-royong
  8. Rasa Percaya Diri, Kreatif dan Pekerja keras
  9. Saling Bertoleransi, Kedamaian dan Kesatuan
  10. 4K ( kebersihan, kesehatan, kerapian dan keamanan)

Nah itulah beberapa contoh pendidikan karakter pada anak usia dini dalam membangun dan mengembangkan karakter pada anak tersebut. Sebab ,pembentukan karakter dan kemampuan berkomunikasi yang baik bisa menjadi penentu kesuksesan anak dimasa depan. Selain itu anak juga dapat mempunyai karakter yang baik dalam berinteraksi terhadap orang lain. Bagi anda yang masih mempunyai anak diusia ini sangat disarankan untuk bisa mendidik anak dengan cara diatas agar anak dapat tumbuh dengan pribadi yang mandiri. Bukan hanya itu saja jika anda mendidik anak dengan benar maka mental anak pun juga menjadi kuat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *