Hot!

Cara Melarang Anak Dengan Tepat

Cara Melarang Anak Dengan Tepat

Mempunyai anak adalah hal yang sangat menyenangkan untuk pasangan suami istri. Apalagi jika anak anda masih di masih balita. Karena saat diusia ini anak sedang lucu lucunya dan menggemaskan. Sikap yang menggemaskan ini lah yang akan membuat bunda betah untuk bersama mereka.

Biasanya anak yang masih balita suka melakukan banyak aktivitas karena rasa keingintahuannya yang tinggi. Jika anak anda sering melakukan banyak aktivitas sebanyak seperti itu sebaiknya bunda jangan banyak memberikan larangan pada si kecil. Sebab ,jika anak masih diusia ini dia tidak akan pernah mengerti dengan larangan yang kita berikan. Hal ini malah akan membuat anda tidak sadar untuk membentak anak. Padahal dengan membentak anak ini sangat tidak baik untuk mentalnya selain itu juga dengan membentak juga tidak akan menyelesaikan masalah. Maka dari itu ,bunda harus pintar – pintar dalam memberikan larangan untuk si kecil tanpa harus membentaknya.

Lantas bagaimana caranya ?? Berikut ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk memberikan larangan kepada si kecil tanpa harus membentaknya :

  • Larang dengan Kalimat Yang Singkat dan Jelas

Jika anak anda merupakan anak yang sangat aktif pasti akan sangat sulit untuk melarang semua aktivitas yang dilakukannya. Nah ,jika anda ingin memberikan larangan kepada sang anak sebaiknya hindari memakai kalimat yang panjang. Laranglah sang anak dengan menggunakan kalimat yang singkat ,jelas dan padat. Jika anda memberikan larangan kepada sang anak dengan kalimat yang panjang malah akan membuat si anak kesulitan untuk memahami kata – kata yang di berikan oleh bunda. Kalimat yang singkat tetapi jelas akan membantu sang untuk memahami apa yang anda sampaikan. Selain itu anak juga akan mengetahui hal – hal apa yang di larang dan  yang tidak dilarang untuk dilakukan.

  • Jangan Berikan Anak Banyak Larangan

Jangan memberikan larangan terhadap sang anak karena ini akan membuatnya tertekan. Membebaskan sang anak untuk beraktivitas dan berkreativitas itu juga perlu untuk dilakukan. Tetapi anda sebagai orang tua juga harus mengawasi semua aktivitasnya untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya anda hanya cukup memberikan tanggapan untuk hal yang tidak bahaya. Dan cukup melarangnya jika hal tersebut berbahaya bagi sang anak.

  • Hindari Untuk Memberi Jawaban Ya atau Tidak

Ketika anda memberikan larangan untuk sang anak sebaiknya hindari jawaban ya atau tidak. Berikanlah sang anak pilihan dan alternatif saat anda ingin melarangnya. Pilihan ini akan membuat sang anak lebih bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya.

  • Berikan Alasan Yang Tepat

Saat anda memberikan larangan kepada sang anak untuk tidak melakukan sesuatu hal sebaiknya berikanlah sebuah alasan yang logis dan tepat. Jelaskan kenapa anda melarangnya untuk melakukan suatu hal tersebut. Latih sang anak untuk dapat menerima alasan – alasan yang logis, hal ini mampu mengembangkan pola pikir anak anda. Berikanlah alasan yang logis dan tepat juga karena dapat melatih pola pikir sang anak.

  • Katakan Tidak Jika Terpaksa

Jika anak anda susah untuk dilarang maka tidak ada salahnya anda mengucapkan kata tidak dengan tegas kepadanya. Berikan kata tidak dengan tegas tetapi jangan menggunakan kata tidak dengan nada yang tinggi. Hindari mengucapkan dengan nada yang emosional.

Bunda itulah beberapa langkah untuk memberikan larangan pada sang anak tanpa harus membentaknya. Semoga dengan langkah diatas bunda semua dapat memberikan hal yang terbaik untuk tumbuh kembang anak anda.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *