Hot!

Trik Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin

Trik Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin

Siapa sih yang tidak suka dengan ikan asin ? Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia suka menyantap ikan asin ini untuk dijadikan lauk. Biasanya ikan asin ini disajikan dengan nasi yang panas di tambah dengan sambal trasi. Hm ,tentunya akan membuat rasanya menjadi menggiurkan. Ikan asin ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan rasanya pun juga cukup nikmat serta dapat disimpan dalam waktu yang lama, menjadikan ikan asin ini sebagai salah satu bahan pangan yang seolah tidak boleh untuk dilewatkan begitu saja.

Namun terkadang rasa dari ikan asin ini yang terlalu asin membuat kita menjadi merasa malas untuk mengolah ikan asin ini. Atau, kita tidak dapat mengolah ikan asin tersebut menjadi salah satu masakan yang cukup menggugah selera. Bagi anda yang ingin masak ikan asin dan mendapatkan rasa yang lebih nikmat serta rasa asin pada ikan bisa berkurang, ada beberapa tips yang dapat anda terapkan. Apa saja tipsnya ?? Yuk simak selengkapnya berikut ini :

⊗ Rendam Ikan Asin Menggunakan Garam Beryodium
Tips pertama adalah merendam ikan asin menggunakan garam beryodium. Mungkin banyak orang yang akan berfikir jika merendam ikan asin ke dalam air garam justru akan membuat ikan asin menjadi terasa semakin asin. Tetapi jangan salah ladies, merendam ikan asin di dalam air garam yang beryodium malah akan membuat rasa asin pada ikan ini bisa berkurang lho. Anda bisa merendam ikan asin ini di dalam air garam kira-kira selama 20 menit setelah itu cuci bersih ikan asin di bawah air yang mengalir sampai bersih.

⊗ Merendam Ikan Asin Dengan Kertas Roti Atau Buram
Tips kedua rendam ikan asin dengan kertas roti atau buram. Agar rasa asin bisa sedikit berkurang maka kalian bisa merendam ikan asin kira – kira selama 30 menit setelah itu cuci hingga bersih. Usahakanlah hanya menggunakan kertas roti atau buram dan jangan menggunakan kertas koran ya. Sebab kertas koran ini sangatlah tidak sehat dikarenakan memiliki kandungan zat kimia timbal dan tinta yang dapat membahayakan kesehatan.

⊗ Rebus Ikan Asin dengan Air Tawar
Tips ketiga adalah merebus ikan asin dengan air tawar. Dengan merebus ikan asin menggunakan air tidak hanya akan membuat rasa asinnya menjadi berkurang. Namun hal ini juga dapat membuat tekstur ikan asin menjadi semakin empuk. Jika anda khawatir saat merebus ikan asin dapat membuat ikannya hancur, anda bisa merendam ikan asin menggunakan air hangat selama 30 menit.

⊗ Gunakan Bumbu Dapur Segar Saat Memasak Ikan Asin
Tips keempat adalah menggunakan bumbu dapur segar saat memasak ikan asin. Agar rasa asin pada ikan asin sedikit berkurang pastikanlah untuk menggunakan bumbu dapur yang masih segar ketika memasak ikan asin ya. Bumbu yang masih segar akan memberikan rasa yang nikmat pada setiap masakan termasuk dalam ikan asin. Sebaiknya hindari menggunakan bumbu masakan yang siap pakai ataupun bumbu bubuk sebab hal ini dapat membuat rasa ikan asin menjadi kurang menarik. Selain itu hindari juga dalam memasak ikan asin dengan menambahkan garam ke dalam bumbu. Sebab tanpa menambahan garam, masakan ikan asin pun sudah berasa asin.

Nah ladies, itulah tadi beberapa tips agar rasa ikan asin ini tidak berlebihan. Sangat mudah bukan cara yang bisa dicoba ? Rasa yang asin pada makanan tentunya akan membuat selera makan menjadi berkurang. Jika anda ingin memasak ikan asin maka bisa mencoba beberapa tips di atas untuk mengurangi rasa asinnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *