Hot!

Tips Yang Benar Dalam Menyimpan Bumbu Dapur

Tips Yang Benar Dalam Menyimpan Bumbu Dapur

Hobi memasak ?? Seseorang yang memiliki hobi memasak pasti ia akan menyimpan bumbu dapur dengan lumayan banyak. Namun jika bumbu dapur tersebut tidak di simpan dengan benar pasti mudah rusak dan tidak layak untuk di gunakan lagi. Hal ini pastinya akan membuat mood kita menjadi hilang untuk memasak. Jika sudah begini pastinya akan menjadi bete, kan.

Perlu kalian ketahui sebenarnya cara menyimpan bumbu dapur itu bisa sangat mempengaruhi ketahanan serta kualitas dari bumbu dapur tersebut. Lantas bagaimanakah caranya untuk menyimpan bumbu dapur yang benar ?? Jika bumbu dapur lebih awet berikut ini ada cara – cara yang disarankan dalam menyimpan bumbu dapur agar lebih awet dan lebih tahan lama. Yuk simak tipsnya berikut ini :

  • Menyimpan Bumbu di Ruangan Yang Tidak Terkena Paparan Sinar Matahari

Tips yang pertama adalah menyimpan bumbu dapur di ruangan yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Pastikanlah semua bumbu dapurmu disimpan dalam suhu ruang dan tidak terkena sinar matahari langsung. Sebab panas matahari ini dapat membuat aneka bumbu menjadi cepat busuk dan berubah warna. Khususnya untuk aneka bumbu dapur seperti cabai, bawang, tomat serta ragam dedaunan misalnya seperti daun pandan, daun salam serta daun jeruk purut, sebaiknya bumbu dapur ini jangan sampai terkena panas matahari ataupun panas kompor ya.

  • Menyimpan Bumbu Dapur ke dalam Wadah Kering & Tertutup

Tips yang kedua adalah menyimpan bumbu dapur ke dalam wadah kering dan tertutup. Masalah yang sering selalu timbul dalam menyimpan aneka bumbu biji – bijikan misalnya seperti merica, kemiri dan ketumbar adalah sering ditumbuhi oleh jamur ataupun sering dimakan oleh serangga. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka sebaiknya simpanlah aneka bumbu kedalam wadah yang kering dan tertutup. Berilah label untuk masing – masing wadah serta jangan lupa untuk mencantumkan juga tanggal kapan kita menyimpan bumbu di dalam wadah tersebut. Untuk aneka bumbu yang bubuk, sebaiknya pilihlah wadah yang benar – benar kedap dengan udara. Setelah itu simpanlah pada suhu ruang.

  • Memisahkan Kentang dengan Bawang – Bawangan

Tips yang ketiga adalah jangan mendekatkan kentang dengan bawang – bawangan. Agar bumbu dapur lebih awet sebaiknya untuk memisahkan kentang dengan bawang ya. Alangkah baiknya untuk meletakkan kentang dan aneka bawang – bawangan pada tempat terpisah dan kering.

  • Simpan Bumbu Jenis Empon – Empon di Wadah dengan Sirkulasi Yang Bagus

Tips yang keempat adalah menyimpan bumbu empon empon pada wadah dengan sirkulasi bagus. Bumbu dapur seperti Kunyit, kencur, jahe dan aneka empon – emponan lainnya alangkah baiknya untuk menyimpan pada wadah yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Taruhlah pada tempat yang kering. Jika disimpan di tempat yang terlalu lembap, maka mereka akan cepat terkena jamur dan cepat membusuk.

  • Menyimpan Bumbu Giling Dalam Kulkas

Tips yang kelima adalah menyimpan bumbu giling dalam kulkas. Jika anda yang suka dengan menggunakan bumbu giling misalnya seperti bawang giling serta cabai giling, anda dapat menyimpannya ke dalam wadah yang tertutup kemudian masukkanlah bumbu ke dalam kulkas. Dengan cara ini, maka rasa serta kualitasnya dapat tetap terjaga dengan baik.

Nah, itulah tadi beberapa tips sederhana untuk menyimpan aneka bumbu dapur agar lebih awet. Sangat mudah kan untuk di coba. Yuk praktekkan cara ini agar bumbu dapurmu tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *