Hot!

Tips Mengatur Keuangan Untuk Pengantin Baru

Tips Mengatur Keuangan Untuk Pengantin Baru

Menikah adalah awal dari kehidupan seseorang. Setelah menikah kehidupan pun akan jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Dan salah satu hal yang akan menyambut saat kehidupan pernikahan dimulai adalah mengenai keuangan. Setelah anda sudah sah menjadi seorang istri, maka anda bukanlah satu – satunya yang akan bertanggung jawab tentang kehidupan rumah tangga terlebih untuk masalah keuangan, hal ini membutuhkan kerja sama antar kedua belah pihak dan harus bisa bekerja sebagai tim. Untuk menangani masalah keuangan sendiri tidaklah mudah lho. Kita harus bisa menyesuaikan penghasilan dengan pengeluaran. Nah ,berikut ini ada beberapa tips yang bisa di lakukan untuk memanajemen keuangan agar lebih mudah. Simak yuk disini :

1. Siap-siap

Hal yang pertama adalah siap – siap. Sebagai pasangan yang baru saja menikah, anda pasti akan membicarakan tentang masalah keuangan. Jika pun tidak, sebaiknya jangan terlalu lama untuk memulai berdiskusi tentang hal ini ya, dan diskusi ini harus dilakukan dengan serius. Sebaiknya carilah tempat yang nyaman untuk membahas mengenai masalah pendapatan, dan pengeluaran. Selain itu bicarakan juga pembagian hak-hak dan kewajiban anda.

2. Menyusun Anggaran

Hal yang kedua adalah menyusun anggaran. Agar lebih mudah untuk mengatur keuangan. Sebaiknya perlu untuk menyusun anggaran misalnya seperti membangun sebuah sistem yang lengkap, dua pendapatan dan dua pengeluaran yang bisa memperumit segalanya, namun sekaligus dapat mudah diatur jika dilakukan secara komprehensif. Utamakan pengeluaran yang paling penting terlebih dahulu, namun jangan lupakan pengeluaran yang tidak terduga juga, misalnya seperti kunjungan dokter, biaya perbaikan mobil, ataupun pengeluaran lain yang penting. Jangan lupa untuk mencatat tanggal – tanggal pembayaran dan kalkulasi utang ya. Pertimbangkan juga deposito langsung agar membuat segalanya lebih mudah. Bukan hanya pengeluaran yang pokok saja, perlu juga untuk anggaran untuk bersenang – senang dan liburan ya.

3. Pertimbangkan Untuk Menyatukan Rekening

Hal yang ketiga adalah mempertimbangkan untuk menyatukan rekening. Sebagian pasangan mungkin menginginkan tabungan yang tetap terpisah untuk pengeluaran pribadinya. Namun dengan menyatukan keuangan anda justru bisa mempermudah segalanya lho. Segala transaksi dapat dilakukan dalam satu pintu dan jumlah uang yang dikeluarkan pun lebih bisa dicermati.

4. Mengurangi Pengeluaran

Hal yang keempat adalah mengurangi pengeluaran. Jika anda mempunyai pengeluaran bulanan yang tidak begitu penting seperti akun berlangganan TV kabel atau internet pribadi sebelum menikah, sebaiknya menyetopnya saja ya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pengeluaranmu. Anda pun juga dapat mengabari asuransi yang anda punya jika anda sekarang sudah berkeluarga, karena memungkinkan untuk mengurangi jumlah premi yang harus dibayar, atau justru mendapat keuntungan yang lebih.

5. Berbagi Jumlah Tabungan

Hal yang kelima adalah berbagi jumlah tabungan. Putuskanlah berapa jumlah yang anda inginkan untuk tabungan akhir, dan perlu juga untuk membicarakan dengan pasangan tanggung jawab masing-masing untuk menabung sebesar jumlah yang sudah disepakati. Apakah anda ingin menabung tiap enam bulan untuk dapat liburan, atau untuk membeli rumah, buatlah persetujuan yang ditulis agar tidak mudah dilupakan.

6. Membuat Rencana

Hal yang keenam adalah membuat rencana. Apa anda perlu untuk membeli sesuatu dengan harga yang lumayan mahal? Lantas bagaimanakah jika pasangan hanya ingin menghabiskan uang dalam jumlah yang sedikit? Siapa yang akan bertanggung jawab menyimpan semua berkas-berkas keuangan? Ini merupakan pertanyaan yang harus segera dijawab. Bicarakan dengan jelas ya untuk menghindari pertengkaran di dalam keluarga.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *