Hot!

Tips Memompa Asi Agar Keluar Lebih Lancar

Tips Memompa Asi Agar Keluar Lebih Lancar

Menjadi wanita itu memang luar biasa ada hal – hal yang tidak bisa dialami oleh kaum pria. Hal tersebut adalah masa kehamilan dan menyusui. Wanita mengalami masa kehamilan 9 bulan dan setelah melahirkan wanita harus menyusui bayi tersebut dengan ASI eksklusif agar bayi tetap tumbuh dengan sehat.

Namun sayangnya tidak semua ibu itu mampu untuk menyusui secara langsung. Hal ini di karenakan berbagai faktor. Salah satunya adalah dikarenakan berbagai macam kesibukan. Jika wanita tersebut adalah wanita karir maka setelah ia cuti melahirkan, maka ia pun akan kembali bekerja dan berkarir.

Satu – satunya cara untuk tetap bisa memberikan ASI secara eksklusif adalah dengan cara memompa air susu ke dalam botol, selanjutnya botol botol tersebut dibekukan ke dalam suhu tertentu agar kualitas ASI tetaplah terjaga dan aman untuk terus dikonsumsi oleh sang bayi tanpa mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Sayangnya tidak semua ibu bisa memompa ASI dengan lancar, karena ada beberapa ibu juga yang kesulitan dalam memompa ASI mereka. Namun kalian tidak perlu khawatir bunda, sebab berikut tips khusus salam memompa ASI dengan lebih mudah dan lancar. Bagaimanakah tipsnya ?? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

  • Tips yang pertama adalah tetap tenang dan santai. Ketika akan memompa ASI maka berusahalah untuk selalu sesantai dan setenang mungkin ya, setelah itu pijatlah payudara secara perlahan ya. Maka hal ini akan membantu ASI keluar lebih mudah.
  • Tips yang kedua adalah menekan puting payudara dengan lembut. Agar ASI dapat keluar dengan lebih mudah saat di pompa maka anda bisa menekan lembut puting. Dengan begini maka ASI pun akan keluar dengan mudah.
  • Tips yang keempat adalah dengan merangsang payudaramu. Jika anda masih kesulitan untuk memompa ASI, maka anda bisa membayangkan wajah bayimu loh bunda. Selain itu anda bisa membawa baju atau pun barang – barang yang beraroma si kecil. Maka hal ini akan membantu anda dalam merangsang keluarnya air susu loh. Anda akan merasa jika si kecil sedang ada di sampingmu sehingga membuat perasaan anda menjadi semakin rileks. Jika perasaan anda lebih rileks maka ASI yang keluar pun akan lebih lancar.

Nah itulah tadi beberapa cara dalam memompa ASI agar lebih mudah dan lancar. Sangat mudah sekali tipsnya. Lebih baik untuk tetap memberikan ASI secara eksklusif ya daripada harus dengan susu sambung. Oiyaa, sebelum anda memberikan ASI botol maka ada baiknya untuk melatih si kecil terlebih dahulu dengan botol susu ya. Hal ini berguna sekali untuk mempersiapkannya ketika si kecil anda tinggal untuk bekerja kelak.

Gimana nih bunda ,tertarik untuk mencoba tips di atas. Namun jika memang produksi ASI sudah tidak mencukupi maka bunda bisa memberikan susu sambung kepada si kecil. Namun jangan sembarangan memilih susu sambung ya. Pilih yang benar – benar cocok untuk si kecil, sebab ini sangat berpengaruh sekali untuk tumbuh kembangnya nanti. Jika si kecil tidak cocok dengan susu yang bunda berikan ,sebaiknya jangan terlalu memaksakannya ya sebab hal ini bisa mempengaruhi kesehatannya lho. Oleh karena itu bunda harus benar – benar jeli tentang hal ini. Jangan sembarangan ya. Jika si kecil sakit tentunya bunda sendiri kan yang akan sedih dan susah. Perhatikan apapun yang berkaitan dengan si kecil ya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *