Hot!

Tips Ampuh Mengasuh Anak Agar Tidak Manja

Tips Ampuh Mengasuh Anak Agar Tidak Manja

Tidak ada orang tua yang menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang nakal dan super manja. Pastinya anda sebagai orang tua menginginkan anak anda tumbuh menjadi pribadi yang baik dan tidak manja. Dan mereka pun selalu ingin memberi yang terbaik untuk anak – anaknya. Para orang tua tidaklah ingin jika anaknya kurang mendapat cinta dan kasih sayang. Namun ,anda harus berhati – hati dalam menunjukkan kasih sayang pada anak anda. Jika anda terlalu menuruti apa yang anak anda inginkan ,maka dapat mengakibatkan anak anda menjadi manja. Hal ini pasti sangat tidak baik untuk tumbuh kembangnya nanti.

Lantas bagaimanakah cara yang tepat untuk mendidik anak agar tidak manja ?? Berikut ini ada beberas tips yang bisa anda lakukan agar anak anda bisa menjadi mandiri dan tidak manja. Anda dapat memulainya dari cara berkomunikasi dan  memberinya ruang untuk melakukan sesuatu sendiri. Berikut ini ada tips – tips lain yang bisa anda lakukan.

  • Minta Ia Untuk Menyelesaikan Tanggung Jawabnya

Mendidik anak sejak dini merupakan hal yang penting. Anda dapat melakukannya dengan meminta anak anda untuk menyelesaikan tanggung jawab sebelum ia meminta sesuatu. Misalnya ,jika anak anda ingin bermain keluar rumah bersama teman – temannya sebaiknya mintalah dia untuk membereskan mainannya terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat anak menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab atas apa yang ia kerjakan. Selain itu hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan mentalnya agar dapat bertahan menghadapi rasa tertekan dan frustrasi.

  • Memberikan Batasan dengan Tegas dan Jelas

Untuk membuat anak agar menjadi tidak manja adalah dengan memberinya batasan. Sebagai contoh, jika anak anda meminta makanan ,padahal ia seharusnya sudah berhenti makan, beritahu dia dengan tegas tetapi jangan terkesan marah. Semisal ,Ini yang terkahir ya sayang. Setelah itu sudah. Kamu kan tadi sudah makan banayak ,nanti lagi ya makannya. Dengan begitu anda sudah memberi batasan dengan tegas jelas tetapi tidak terkesan marah. Hal ini dapat membuat anak mengenali batasannya sekaligus dapat belajar mengendalikan diri.

  • Jangan Takut Saat Ia Kecewa

Orang tua mana sih yang tega membuat anaknya kecewa dan menangis. Menyakiti dan mengecewakan hati anak sendiri pasti sangat membuat hati anda tersakiti pula. Namun ,terkadang membuat anak untuk merasakan kekecewaan juga perlu lho. Hal ini dapat membantunya untuk mempunyai kemampuan dalam mengendalikan emosinya di kemudian hari. Tidak semua hal yang diminta oleh anak anda harus dituruti dan dipenuhi. Anak pun harus dididik jika tak semua harapan dan keinginannya bisa terwujud. Ada beberapa hal yang harus dipahami dan harus dihadapi dengan menyesuaikan dirinya.

  • Jangan Mudah Terbujuk Rengekannya

Jangan mudah menuruti atau mengikuti bujukannya. Karena jika anda mudah terbujuk oleh rayuannya secara tidak langsung anda mengajarkan pada anak anada jika merayu itu boleh untuk dilakukan. Nah bunda , sebaiknya jangan mudah untuk mengabulkan permintaan anak anda hanya karena ia merengek ya.

Nah bunda itulah beberapa tips mengasuh anak agar tidak manja. Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat dilakukan dalam mengasuh anak agar tidak manja dan nakal. Semua itu tergantung pada diri anda sendiri. Namun ,usahakan untuk tetap mendidik anak sejak sedini ,hal ini bertujuan agar anak  dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat selain itu juga lebih pemberani.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *