Hot!

Tips Agar Spons Bebas Dari Kuman Dan Bakteri Jahat

Tips Agar Spons Bebas Dari Kuman Dan Bakteri Jahat

Untuk menjaga kesehatan itu bukan hanya kebersihan tubuh dan makanan kita saja yang harus di perhatikan. Namun banyak hal juga yang harus selalu di perhatikan. Salah satu kebersihan yang penting untuk diperhatikan adalah kebersihan alat – alat makan dan alat masak. Jika alat makan dan alat masak tidak bersih tentunya makanan kita akan tercemar oleh kotoran, nah hal inilah yang akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

Untuk menghindari hal ini maka sangat wajib sekali untuk mencuci piring dan alat lainnya seteleh digunakan. Saat mencuci piring dan peralatan dapur harus benar – benar bersih ya. Cara yang paling mudah untuk menghilangkan kotoran pada piring adalah dengan spons. Penggunaan spons ini akan mempercepat pekerjaan kita, cucian menjadi cepat bersih dan kita pun juga bisa lebih hemat sabun. Namun ,perlu kalian ketahui jika spons juga bisa menjadi sarang bakteri dan kuman lho ? Oleh karena itu spons ini harus selalu di ganti secara berkala.

Bukan hanya harus di ganti saja, masih ada beberapa hal yang perlu di lakukan agar spons yang kita gunakan tetap bersih dan terbebas dari kuman. Apa sih hal – hal yang dimaksud ?? Yuk simak selengkapnya disini :

  • Merendam Spons dengan Menggunakan Sabun dan Air Panas

Hal pertama adalah merendam spons dengan menggunakan sabun dan air panas. Agar spons selalu bersih dan bebas kuman maka setelah spons selesai digunakan, alangkah baiknya untuk direndam terlebih dahulu kedalam larutan air panas dan juga sabun anti kuman selama sekitar 5 menit. Kemudian baru bilas spons dengan menggunakan air hingga bersih. Intinya adalah spons yang sudah digunakan jangan langsung ditinggalkan begitu saja ya. Sebab spons juga perlu untuk dicuci terlebih dahulu sampai bersih.

  • Jangan Rendam Spons di Air Bekas Cuci Piring

Hal kedua adalah jangan direndam di sisa sabun pencuci piring. Jika direndam didalam sisa sabun pencuci piring, kuman dan bakteri pasti akan makin berkembang biak. Setelah dipakai, spons alangkah baiknya untuk dijemur atau dikeringkan di bawah terik sinar matahari. Kemudian simpan pada tempat yang kering ya, jangan di tempat yang lembap.

  • Mencuci Spons dalam Larutan Cuka

Hal ketiga adalah mencuci spons dalam larutan cuka. Cara yang satu ini dapat anda coba untuk mencegah berkembang biaknya kuman dan bakteri di dalam spons. Yang perlu anda lakukan adalah cukup merendam spons didalam larutan cuka, setelah itu cuci dan bilas spons hingga bersih sebelum dikeringkan.

  • Mengeringkan Spons Dengan Microwave

Hal keempat adalah keringkan dengan menggunakan microwave. Jika anda memiliki microwave di rumah, dapat mencoba cara yang satu ini. Setelah spons ini selesai dicuci dengan menggunakan sabun anti kuman dan dibilas, anda bisa memasukkan spons ke dalam microwave. Setelah itu oven selama sekitar 2 menit atau sampai spons benar-benar mengering. Kemudian matikan microwave, baru anda bisa mengangkat spons yang sudah kering dengan menggunakan capit.

  • Pisahkan Jenis Spons

Hal kelima adalah pisahkan jenis spons. Alangkah baiknya anda menyediakan lebih dari satu spons dirumah. Pisahkanlah antara spons yang digunakan untuk mencuci alat makan dan spons untuk perabot yang super kotor dan susah dibersihkan misalnya seperti wajan dan panci. Atau anda bisa menyediakan dua spons, spons yang pertama untuk membersihkan kotoran di alat makan, dan spons yang kedua digunakan untuk mencuci perabot dengan menggunakan sabun yang lebih bersih.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *