Hot!

Tips Agar Minyak Goreng Tidak Mudah Berkeruh

Tips Agar Minyak Goreng Tidak Mudah Berkeruh

Siapa yang suka dengan jenis makanan yang di goreng ?? Saat membuat gorengan salah satu bahan yang di butuhkan adalah minyak goreng. Minyak goreng adalah salah satu bahan memasak yang sangat penting. Bukan hanya di gunakan untuk menggoreng saja. Namun minyak goreng ini memiliki banyak kegunaan lainnya.

Biasanya setelah minyak goreng ini digunakan untuk menggoreng, minyak akan berubah menjadi keruh. Perlu kalian ketahui jika menggunakan minyak goreng yang sudah keruh untuk memasak berulang-ulang ternyata hal ini bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan lho.

Umumnya minyak goreng itu hanya dapat digunakan untuk menggoreng sampai tiga kali pemakaian saja lho. Setelah minyak goreng di gunakan sampai tiga kali warnanya pun akan menjadi kecoklatan bahkan hingga menghitam. Biasanya minyak ini juga menjadi langsung keruh saat memasak makanan tertentu. Oleh karena itu jika anda sudah menemukan minyak goreng sudah keruh alangkah baiknya ganti minyak goreng tersebut ya.

Nah ladies, berikut ini ada beberapa teknik yang dapat anda lakukan untuk membuat minyak tidak mudah keruh saat dipakai sekali saja.

  • Langkah yang pertama adalah pastikan anda untuk membeli minyak goreng yang berkualitas baik. Jangan beli yang murah ya. Sebab biasanya minyak goreng yang murah adalah hasil dari daur ulang. Minyak goreng hasil dari daur ulang ini lebih cepat keruh.
  • Langkah yang kedua adalah perhatikan api kompor. Ladies, agar minyak goreng tidak cepat usahakan ketika menggoreng jangan menggunakan api yang terlalu besar ya. Sebab minyak goreng yang dipanaskan dengan menggunakan api besar akan lebih cepat untuk mengalami perubahan warna menjadi coklat. Sebisa mungkin untuk menggunakan api yang sedang saja.
  • Langkah yang ketiga adalah membersihkan minyak goreng setelah di pakai. Agar minyak goreng tidak cepat keruh sebaiknya setelah menggoreng di sarankan untuk selalu membersihkan minyak tersebut. Buanglah kotoran atau pun bekas makanan yang masih ada di dalam minyak. Saring kembali minyak setelah digunakan.
  • Langkah yang keempat adalah simpan di tempat yang tertutup dan bersuhu dingin. Agar minyak goreng tidak mudah keruh sebaiknya simpan minyak di tempat yang tertutup dan bersuhu dingin, dan hindarkan dari panas ya. Dengan begini maka minyak goreng akan terhindar dari oksidasi dan tetap baik untuk digunakan kembali sebelum benar-benar keruh.

Nah Ladies, itulah tadi beberapa tips praktis dan mudah yang dapat anda coba untuk membuat minyak bisa digunakan secara maksimal hingga tiga kali. Sangat mudah sekali kan cara yang bisa di gunakan. Dengan begini maka anda pun akan bisa lebih hemat dalam memasak. Jika minyak di goreng yang di gunakan sudah keruh dan berwarna hitam sebaiknya segera buang minyak tersebut ya.

Sebab jika masih saja menggunakan minyak tersebut hal ini akan berdampak buruk untuk kesehatan. Biasanya para ibu rumah tangga kurang memperhatikan hal ini. Terlebih jika minyak tersebut masih banyak ,mereka pun akan tetap memakai minyak tersebut untuk menggoreng makanan atau lain sebagainya. Tapi jika hal ini berlanjut terus menerus maka bisa mengancam kesehatan anda sendiri dan keluarga. Pastinya kalian nggak mau kan kesehatan keluarga terganggu hanya di karenakan penggunaan minyak goreng yang sudah berkeruh. Yuk mulai sekarang untuk lebih memperhatikan hal ini ya. Jaga selalu kesehatanmu dan kesehatan keluarga dimulai dari hal – hal yang kecil. Salah satunya adalah mengganti minyak goreng yang sudah berkeruh.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *