Hot!

Terkena Luka Bakar Ringan ?? Yuk Atasi Dengan Bahan-bahan Dapur

Terkena Luka Bakar Ringan ?? Yuk Atasi Dengan Bahan-bahan Dapur

Ketika kita memasak di dapur pastinya tidak luput dari kesalahan. Tentu ada saja hal-hal yang membuat kita cedera. Entah itu terkena pisau pisau ,bisa terkena luka bakar akibat api kompor atau bahkan tangan menyentuh panci yang masih dalam keadaan panas. Untuk mengatasi masalah ini anda sebaiknya tidak terlalu panik. Sebab jika anda mengatasinya dengan rasa panik maka semua malah akan menjadi berantakan. Jadi ketika kita mengalami cedera saat sedang memasak ,sebaiknya tetap tenang dan jangan panik ya.

Tahukah ladies ,ternyata banyak bahan – bahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakarmu. Bahan-bahan ini dapur bisa anda gunakan sebagai pertolongan pertama ketika anda mengalami luka bakar ringan saat memasak. Penasaran nggak kira kira bahan bahan dapur apa saja yang dapat digunakan ?? Pastinya penasaran bukan ??

Ketika anda mengalami luka bakar ringan, misalnya ketika kulit melepuh karena menyentuh wajan yang masih panas, sangat disarankan untuk segera kucurkan air mengalir (seperti air keran) ke area kulit yang terkena luka bakar. Kemudian, gunakan salah satu dari bahan-bahan dapur di bawah ini untuk menyembuhkan luka tersebut. Simak yuk :

  • Menggunakan Putih Telur

Untuk mengatasi luka bakar ringan anda pun dapat memanfaatkan putih telur. Langkah yang pertama ambil bagian putih telur. Kemudian oleskan putih telur pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Diamkan hingga mengering. Cara ini diyakini mampu mencegah kulit melepuh akan semakin parah.

  • Menggunakan Kantung Teh

Selain dengan putih telur anda pun dapat memanfaatkan kantung teh. Teh memiliki kandungan tannin yang dipercaya sebagai zat penyembuh. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah : ambil kantung teh kemudian celupkan ke air dingin hingga beberapa kali. Setelah itu kompres bagian yang terkena luka bakar ringan dengan kantung teh tersebut. Lakukan cara ini hingga rasa sakitnya mulai berkurang.

  • Menggunakan Kentang Mentah

Bahan alami yang selanjutnya adalah kentang mentah. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah : yang perlu dilakukan hanyalah memarut kentang mentah tersebut. Kemudian tempelkan parutan kentang tersebut ke bagian yang melepuh. Diamkan hingga rasa sakitnya mulai menghilang.

  • Menggunakan Cuka

Cuka putih atau cuka apel dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang melepuh akibat luka bakar. Caranya cukup mengoleskan cuka ini ke bagian yang melepuh. Cara ini dipercaya dapat mencegah infeksi yang dikarenakan oleh bakteri.

  • Menggunakan Baking Soda

Baking soda ternyata juga mampu untuk mengatasi luka yang melepuh. Caranya dengan mencampurkan baking soda dengan air secukupnya. Kemudian aduk rata hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang melepuh. Diamkan hingga kering ,setelah itu bilas hingga bersih.

  • Menggunakan Gel Lidah Buaya

Bahan yang selanjutnya untuk mengatasi luka yang melepuh bisa juga memanfaatkan Lidah buaya. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah anda hanya perlu mengambil gel lidah buaya ini secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian yang terluka.

Jika anda terkena luka bakar sebaiknya jangan menggunakan mentega ya untuk mengatasinya. Sebab mentega ini malah akan membuat panas menjadi terperangkap di bawah kulit. Akibatnya malah akan membuat cedera menjadi semakin parah.

Nah ladies ,itulah beberapa bahan bahan dapur yang dapat di gunakan untuk mengatasi luka bakar. Jika anda sudah melakukan cara cara tersebut namun luka bakarnya tak kunjung sembuh juga sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ya. Sebab cara cara tersebut hanya untuk luka bakar ringan saja.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *