Hot!

Resep Membuat Asinan Enak Dan Lezat

Resep Membuat Asinan Enak Dan Lezat

Buah mangga muda adalah salah satu buah yang terkenal dengan rasa asam dan menggoda.  Buah ini banyak di sukai oleh semua kalangan. Baik anak kecil hingga orang dewasa ,banyak sekali yang menyukai buah ini. Buah mangga muda ini biasanya dijadikan sebagai bahan untuk membuat lotis ataupun rujak yang dipadukan dengan sambal gula merah dan juga es krim. Namun ,tak sedikit pula yang tidak menyukai buah ini karena rasanya begitu asam. Selain di jadikan lotis dan rujak buah mangga ini biasanya juga di jadikan berbagai macam macam makanan.

Ketika buah mangga muda ini sudah diolah menjadi makanan yang enak dan segar, pastilah banyak yang tidak akan ragu untuk menikmati buah yang satu ini. Buah mangga muda ini juga enak lho jika diolah menjadi asinan.  Asinan memang sudah sangat terkenal dan populer sekali di kalangan masyarakat. Asinan juga banyak di jual di pasar dan supermarket. Namun jika anda tidak menemukan pedagang asinan dan anda pun ingin sekali segera menikmatinya, maka anda dapat membuat makanan sendiri dirumah ,dengan hasil olahan tangan sendiri biasanya makanan ini akan terasa lebih enak dan juga. Cara membuatnya pun juga cukup mudah lho. Penasaran ,bagaimana cara membuat asinan ?? Disimak yuk tips berikut.

Sebelum kita membuat asinan ,ada baiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu bahan – bahan yang akan dipakai untuk membuat asinan.

Bahan :

  • Buah mangga muda 500 gram
  • 1sdt kapur sirih
  • 25 buah cabe rawit ( iris kecil-kecil )
  • 185 gram gula pasir
  • air bersih 80 ml
  • 1sdt garam dapur halus

Jika anda sudah menyiapkan bahan – bahan untuk membuat asinan ,kini saatnya ada memulai  membuatnya dengan menggunakan beberapa langkah sebagai berikut :

Cara Membuat Asinan Buah Mangga :

  • Langkah pertama yang dilakukan adalah mengupas terlebih dahulu kulit pada buah mangga dengan menggunakan pisau yang tajam dan juga bersih.
  • Setelah mangga sudah dikupas ,kemudian cucilah mangga dengan menggunakan air bersih hingga bersih
  • Setelah di cuci ,potong – potong buah mangga berbentuk dadu ( ukuran sesuai selera )
  • Jika mangga sudah dipotong – potong kemudian rendam buah mangga di dalam air kapur sirih ,diamkan hingga 8 jam
  • Kemudian campurkan air bersih irisan cabe gula pasir dan ,juga garam lalu rebus hingga matang dan mendidih
  • Jika sudah mendidih angkat dan dinginkan
  • Lalu sajikan buah mangga yang telah direndam dengan air kapur sirih dan siram buah mangga dengan rebusan cabe tadi
  • Asinan buah mangga muda pun sudah siap untuk di hidangkan

Hmmm ,mudah sekali kan untuk membuatnya. Biasanya para wanita yang sedang hamil sering sekali menginginkan makanan yang satu ini. Namun karena sedikitnya para penjual ,mereka pun sering kecewa karena tidak dapat merasakan makanan ini. Nah ,jika anda atau kerabat anda ingin sekali merasakan makanan ini ada baiknya untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah. Dengan membuat asinansendiri dirumah tentu anda pun dapat memakannya sesuai selera. Selain itu anda juga dapat mengatur segala sesuatunya agar lebih enak dan juga lebih hiegenis. Jadi gimana nih ,masih yakin untuk membeli asinan di luar ?? Nggak pengen membuat sendiri aja nih ?? Ntar nyesel lho ,udah deh nggak usah pake ragu ragu lagi ,mending buat sendiri aja selain lebih hiegenis anda pun juga akan mempunyai banyak pengalaman dalam membuat makanan. Selamat mencoba ,semoga sukses !!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *