Hot!

Permainan Anak Yang Mendidik

Permainan Anak Yang Mendidik

Quality time bersama keluarga adalah hal yang paling menyenangkan. Apalagi berkumpul bersama anak ,ini merupakan hal yang paling ditunggu. Bagaimana tidak jika anda adalah seorang ibu rumah tangga tetapi juga wanita karier mempunyai waktu bersama anak adalah hal yang sangat ditunggu setelah waktu anda habis dengan pekerjaan – pekerjaan kantor. Hal ini pasti sangat lah menyita waktu anda. Iya kan !!

Anak – anak adalah anugerah untuk orang tua yang sangat membahagiakan. Jika dalam sebuah hubungan suami – istri belum ada kehadiaran seorang anak pasti sangatlah hambar rasanya. Para orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Mereka pasti ingin melihat anaknya tertawa riang dan bergembira. Hal ini pasti akan membuat kepuasan tersendiri bagi para orang tua.

Jika sang anak dapat menemukan dunianya dengan benar akan membuat anak tumbuh dengan pribadi yang baik. Sebaliknya jika anak yang menemukan dunia yang kurang baik pasti akan tumbuh dengan pribadi yang kurang baik. Termasuk dalam pemilihan permainan untuk sang anak. Memilih permainan ini juga sangat penting dalam tumbuh kembang sang anak. Maka dari itu para orang tua harus benar – benar bisa memperhatikan pemilihan permainan yang tepat untuk sang anak. Berikut ini akan kami uraikan beberapa permainan yang mendidik untuk sang anak :

1. Permainan yang dapat mengasah otak sang anak

Jangan berikan permainan yang dapat berpengaruh buruk terhadap otak sang anak. Berikan permainan bisa mengasah otak anak dan melatih keterampilan dalam berfikir. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat serta imajinasinya.

Contoh permainan yang bisa anda berikan : bongkar pasang , catur khusus anak anak , ular tangga, puzzle, halma, lego, menyusun balok dan masih banyak lainnya.

2. Permainan yang dapat membentuk fisik

Selain memberikan permainan yang dapat mengasah otak anda juga dapat memberikan jenis permainan yang dapat membentuk fisik sang anak. Dalam hal ini anda perlu memperhatikan beberapa aspek, diantaranya: anda harus menyiapkan lokasi yang terjamin keamanannya dan juga luas.

Contoh permainan yang bisa anda berikan : engklek ,sepak bola, loncat tali, gobak sodor dan kasti.

3. Permainan melatih sosialisasi

Permaian yang selanjutnya adalah permainan yang dapat melatih sosialisasi. Maksud dari permaian ini adalah permainan yang  dikerjakan secara berkelompok. Permainan ini membutuhkan team work atau kerja kelompok yang solid. Dari permainan inilah anak dapat belajar melatih jiwa sosialnya. Dia akan belajar bagaimana menyelesaikan tugasnya dengan cara bekerja dalam kelompok, saling menolong, hidup rukun dengan teman, dan saling memaafkan.

Contoh permainan yang bisa anda berikan: sepak bola, main kelereng, main masak – masakan, ular naga panjang ,gobak sodor ,petak umpet dan lain sebagainya.

4. Permainan yang membentuk kepribadian

Permainan yang satu ini harus disesuaikan dengan jenis kelamin sang anak. Permainan yang satu ini memang cukup unik, karena hal ini bisa untuk membentuk naluri pada jiwa sang anak. Semisal anak perempuan dapat terbentuk naluri keibuannya dan anak laki-laki dapat terbentuk naluri kebapakannya. Selain itu dengan permainan ini juga dapat menumbuhkan jiwa solidaritas mereka kepada lawan jenisnya. Namun banyak juga yang masih bermain permainan lawan jenisnya. Semisal anak laki laki bermain masak – masakan dan anak perempuan bermain perang – perangan. Hal ini juga bermanfaat bagi masing – masing anak suatu saat nanti.

Nah bunda itu lah beberapa permainan yang mendidik untuk anak – anak kita. Pastikan mereka jangan sampai salah dalam bermain yaa ,jangan biarkan mereka bermain dengan hal – hal yang berbahaya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *