Hot!

Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Pasangan mana sih yang tidak senang jika dikarunia seorang anak. Memiliki anak adalah salah satu anugerah terindah bagi semua pasangan yang sudah menikah. Apalagi bagi mereka yang sudah menikah lama ,memiliki anak merupakan hal yang paling dinanti nanti. Anak merupakan titipan dari Tuhan yang harus dijaga dan di rawat dengan sebaik mungkin. Tak jarang banyak orang tua yang rela mengeluarkan uang banyak dengan memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya. Hal ini bertujuan agar perkembangan si anak menjadi lebih baik dan dapat berprestasi yang membanggakan.

Pendidikan adalah salah satu sumber yang berhubungan langsung dengan kondisi mental dan kondisi pemikiran si anak. Pendidikan yang di terima bukan hanya tentang teori di dalam sekolah, tetapi juga berkaitan dengan tata krama ,norma , dan pembentukan pola berpikir seorang anak. Berikut peran orang tua dalam pendidikan anak :

Dukungan dari Orang Tua

Peran orang tua dalam pendidikan sang anak sangat lah penting. Orang tua merupakan orang pertama yang menjadi role model seorang anak, maka sangat diwajibkan orang tua harus memberikan contoh dan juga mendidik anaknya dengan benar.  Selain itu orang tua juga harus bisa memberikan perhatian dan menanamkan tujuan pendidikan kepada sang anak. Orang tua juga harus mengetahui perkembangan anaknya disekolah. Sekali – kali berkunjungi  kesekolah anak anda dan tanyakan perkembangannya disekolah pada gurunya. Dengan hal ini anak anda akan merasa diperhatikan dan akan semangat lagi dalam bersekolah.

Awasi Kegiatan Belajarnya Saat di Rumah

Jangan hanya mengingatkan ,anda sebagai orang tua sangatlah berperan penting dalam kegiatan belajarnya dirumah. Tunjuk kan lah jika anda juga berminat pada pendidikannya. Ajaklah mereka untuk belajar bersama dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) nya. Selain itu anda juga bisa mempelajari sesuatu yang baru bersama anak-anak Anda dan membacal bersama – sama. Sering – seringlah untuk memeriksa pekerjaan rumah anak Anda. Jangan biarkan anak anda terlalu banyak TV, bermain game dan Internet.

Ajarkan Rasa Disiplin

Ajarkan anak untuk disiplin. Jangan terlihat memaksa tetapi harus bisa tegas. Jangan manjakan anak dengan menuruti semua keinginannya. Arjarkan mereka untuk mempunyai rasa tanggung jawab. Jika anda terlalu memanjakan anak anda maka anak akan merasa malas dan yang paling fatal dapat terjerumus ke dalam hal – hal yang negatif seperti salah satunya adalah narkoba.

Sediakan Waktu Yang Cukup Untuk Anak

Sebagai orang tua harus bisa menyediakan waktu yang cukup banyak untuk sang anak. Apalagi bagi seorang ibu ,karena saat sang anak pulang sekolah, mereka pasti akan mencari ibunya. Dan saat pulang sekolah biasanya mereka akan cukup stres dengan segala aktivitas yang ada disekolahnya entah itu ulangan, beban pekerjaan rumah ataupun problem lainnya. Hal ini peran ibu sangatlah dibutuhkan ,karena kita harus bisa mengembalikan mood yang positif kepada sang anak. Biasanya seorang anak akan menceritakan semua aktivitasnya ketika dia pulang sekolah dan mengeluarka keluhan – keluhan kepada ibunya.

Kerja Sama Dengan Guru Sekolahnya

Sebagai orang tua sebaiknya harus mengenal guru guru yang ada di sekolah dan dapat menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Rajin rajinlah untuk berkomunikasi dengan guru untuk mempertanyakan perkembangan anak Anda. Jika ada guru yang mengatakan hal yang buruk tentang anak Anda, sebaiknya anda jangan marah. Dengarkan apa yang dikatakan guru tersebut dengan penuh respek, dan menyelidiki masalah apa yang terjadi pada anak anda hingga dia bisa bersikap buruk saat disekolah.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *