Hot!

Pentingnya Mengunyah Makanan !! Berikut Beberapa Manfaatnya

Pentingnya Mengunyah Makanan !! Berikut Beberapa Manfaatnya

Setiap makanan yang kita makan pasti harus dikunyah dulu secara perlahan sebelum anda menelannya ,apalagi jika makanan tersebut keras. Hal ini pasti sudah diajarkan oleh orang tua kita sedari kecil ,iya kan ?? Mengunyah bertujuan untuk mengaluskan makanan yang akan di telan dan agar anda tidak tersedak. Tetapi ketika anda semakin dewasa pasti anda tidak lagi memperhatikan nasihat nasihat tersebut.

Sebenarnya mengunyah makanan itu sangatlah penting lho ,bayangkan saja jika anda langsung menelan makanan yang keras tanpa mengunyahnya terlebih dahulu ini tentunya akan membuat anda tersedak dan tenggorokkan bisa menjadi sakit. Apa susahnya sih mengunyah ?? Kan nggak ada susahnya ,kecuali jika gigi yang untuk mengunyah bermasalah ini memang bisa menjadi masalah tersendiri.

Tahu nggak ladies ,ternyata dengan mengunyah banyak manfaatnya lho yang bisa anda dapat. Mau tahu nggak manfaat sehatnya apa saja ?? Yuk disimak terus ,berikut ini ada beberapa manfaatnya ketika anda mengunyah makanan secara perlahan.

  • Dengan mengunyah manfaat pertama yang akan anda rasakan adalah anda dapat mengurangi jumlah makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Karena ketika anda makan secara perlahan, maka otak akan menyadari jika anda sedang mencernanya. Sementara saat anda makan dengan cepat, otak tidak bisa menyadari dan berakhir dengan banyaknya makanan yang anda santap.
  • Manfaat kedua yang anda rasakan adalah menjaga kesehatan pencernaan. Ketika anda makan secara perlahan maka perut bisa bersiap – siap untuk mencernanya dengan baik. Hal ini pun bisa berdampak baik untuk kesehatan pencernaan anda.
  • Manfaat ketiga yang anda rasakan adalah mengeluarkan hormon penting untuk mencerna makanan. Dengan mengunyah makanan secara perlahan makan akan memberikan waktu bagi tubuh untuk mengeluarkan hormon seperti leptin dan ghrelin yang mempunyai peranan yang penting dalam mencerna makanan.
  • Manfaat keempat yang anda rasakan adalah bisa menjaga berat badan tetap stabil. Banyak penelitian kesehatan yang mengungkapkan jika mereka yang sering mengunyah makanan dengan baik dan pelan, maka cenderung mempunyai berat badan yang stabil. Karena mereka menyadari banyaknya makanan yang sedang mereka konsumsi.
  • Manfaat kelima yang anda rasakan adalah bisa menikmati setiap makanan yang disantap. Dengan mengunyah makanan minimal 30 hingga 50 kali juga bisa menikmati dan merasakan rasa makanan yang sebenarnya, yang mana hal ini menjadi sebuah kemewahan dalam pengalaman bersantap.

Nah ladies ,itulah beberapa manfaat sehat yang akan di dapat dalam mengunyah. Nggak ada ruginya kan ?? Untuk mengunyah pun juga tidak membutuhkan biaya yang mahal kok. Lantas kenapa anda masih sering menelan makanan tanpa mengunyahnya terlebih dahulu ?? Yuk mulai sekarang biasakan kebiasaan baik ini.

Dengan mengunyah pun juga bisa menjaga kesehatan pencernaan makanan anda looh. Kalau nggak dari sekarang mau kapan lagi ??? Daripada harus mengobati mending mencegah kan malah lebih baik. Biasakan hal baik ini kepada anak anak anda sejak dini ya. Agar ia mulai terbiasa untuk selalu mengunyah terlebih dahulu sebelum menelan makanan. Agar pencernaanya juga tidak bermasalah. Bukan hanya itu saja dengan mengunyah makanan juga akan menghindarkan anda dari tersedak.

Jangan pernah menyepelakan tersedak ya ,karena hal ini bisa berakibat fatal lho. Maka dari itu jika anak anak masih dibawah 2 tahun alangkah baiknya jangan berikan ia makanan yang keras ya. Jika anda ingin memberikan makanan yang sebaiknya haluskan lebih dulu. Agar ia lebih mudah dalam menelannya. Semoga bermanfaat !!

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *