Hot!

Menetralisir Racun Yang Terdapat Dalam Umbi Gadung

Menetralisir Racun Yang Terdapat Dalam Umbi Gadung

Pernah dengar makanan yang bernama gadung ?? Gadung atau yang sering di kenal dengan umbi gadung adalah salah satu bahan makanan yang sering di jadi kan camilan. Camilan dari gadung ini sekarang sulit sekali untuk di temui. Sebab memang makanan yang satu ini merupakan makanan zaman dulu sebelum terdapat beras ataupun nasi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsi umbi Gadung ini diantaranya bisa dengan direbus ataupun dengan dibuat keripik. Kebanyakan orang sering mengeluh tentang racun saat mengonsumsi umbi Gadung. Sebab di dalam umbi Gadung memang terdapat racun yang bisa membuat orang menjadi gatal – gatal bahkan hingga sakit. Lantas bagaimanakah cara untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam umbi Gadung ?? Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa di lakukan untuk menetralisir racun yang terdapat dalam umbi Gadung. Simak yuk infonya disini :

1. Dengan Cara Penggaraman

Cara pertama yang bisa di lakukan untuk menetralisir racun yang terdapat dalam umbi Gadung adalah dengan cara penggaraman. Cara untuk melakukannya pun sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan adalah dengan mengiris tipis – tipis umbi gadung ,setelah itu rendamlah umbi Gadung ini ke dalam air garam selama beberapa hari. Sesudah di rendam ke dalam air garam selanjutnya rendam lagi umbi gadung ke dalam air biasa selama 4 hari dan gantilah air tersebut saat air sudah berubah berwarna putih. Gantilah air tersebut sampai air rendaman dari ubi Gadung ini sudah tidak berwarna lagi. Nah, untuk mengurangi rasa asin yang terdapat di dalam umbi Gadung maka anda bisa merendam umbi Gadung ke dalam air gula. Kemudian jika umbi Gadung sudah dinetralisir dari racun-racun yang terdapat di dalam umbi Gadung maka anda bisa segera memasaknya sesuai selera anda.

2. Dengan Cara Perendaman Yang Sederhana

Cara kedua yang bisa di lakukan untuk menetralisir racun yang terdapat dalam umbi gadung adalah dengan melakukan perendaman sederhana. Cara ini paling mudah untuk di lakukan. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengiris tipis – tipis umbi Gadung yang akan di masak. Jika umbi sudah diiris secara tipis – tipis maka langkah yang selanjutnya adalah dengan meletakkan umbi Gadung ke dalam wadah yang berlubang, kemudian tutupi dengan lembaran kayu. Jika sudah ditutupi dengan lembaran kayu lalu di tandai dengan benda berat agar air gadung bisa merembes keluar.

Langkah yang selanjutnya adalah dengan memindahkan serta merendam umbi Gadung di dalam air yang mengalir selama 4 hari atau bisa juga dengan merendam di air yang mengalir hingga warna putih yang terdapat di dalam umbi Gadung hilang dengan sendirinya. Langkah yang terakhir didalam menghilangkan atau menetralisir racun dengan cara perendaman sederhana adalah dengan dijemur.

3. Lumuri dengan Abu Kayu

Cara ketiga yang bisa di lakukan adalah dengan melumuri menggunakan Abu kayu. Cara terakhir untuk menetralisir racun dari umbi Gadung adalah melumurinya dengan abu kayu. Cara ini juga mudah untuk di lakukan yang perlu anda lakukan adalah mengupas kulit umbi Gadung kemudian cuci hingga bersih. Jika kulit sudah di kupas kemudian iris tipis – tips umbi gadung tersebut. Setelah itu lumuri umbi gadung dengan abu kayu agar kandungan racun yang terdapat dalam umbi bisa hilang. Setelah umbi Gadung dilumuri semua maka jemur umbi di bawah matahari. Jika umbi sudah kering ,angkat irisan tersebu dan cuci dengan air hingga benar – benar bersih. Sebaiknya gunakanlah air yang mengalir saat mencuci umbi Gadung.

Itulah tadi 3 cara mudah dalam menetralisir racun dalam umbi Gadung. Gimana nih ,sangat mudah sekali kan cara yang bisa di lakukan. Selamat mencoba.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *