Hot!

Memilih Makanan Sehat Untuk Balita

Memilih Makanan Sehat Untuk Balita

Sebagai seorang ibu dituntut untuk bisa memilih makanan yang terbaik untuk anak mereka. Makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk meningkatkan perkembangan otak si kecil. Lalu makanan sehat seperti apa saja kah yang bisa di konsumsi untuk si kecil dalam memenuhi kebutuhan gizinya ?? Sebenarnya ada banyak jenis makanan sehat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dan perkembangan otak si kecil selain itu dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasinya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu  perkembangan fungsi otak dan meningkatkan konsentrasi. Simak ya :

  • Ikan : Kandungan asam lemak yang terdapat dalam ikan sangat bermanfaat. Ikan mempunyai sumber terbaik asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk perkembanga otak si kecil. Orang yang suka menyantap ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi memiliki pikiran yang tajam. Contoh ikan yang mengandung omega 3 adalah : ikan salmon dan ikan bandeng.
  • Daging sapi yang bebas dengan lemak : Daging sapi yang bebas lemak adalah sumber zat besi yang tinggi karena mudah di serap oleh tubuh. Zat besi berfungsi untuk membantu menjaga konsentrasi dan tetap terus berenergi. Selain itu daging sapi juga mengandung zinc yang dapat memelihara daya ingat pada si kecil.
  • Telur : Telur memiliki sumber protein yang tinggi. Kandungan Kolin yang berada di dalam kuning telur ini mampu berfungsi untuk membantu perkembangan otak pada si kecil. Jadi memberikan makanan yang mengandung telur sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan gizi pada si kecil.
  • Sayuran segar : Sayuran yang semakin segar akan semakin tinggi pula kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Sayuran seperti ,tomat, wortel, bayam dan labu adalah makanan yang sangat kaya akan antioksidan. Makanan ini berfungsi membantu untuk mempertahankan kesehatan dan  membran sel otak. Jadi sangat di anjurkan untuk bunda memberikan sayuran setiap hari untuk si kecil.
  • Oat : Oat dipercaya dapat membantu tubuh dan otak bekerja secara optimal. Hal ini karena oat merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin E, B, potasium dan zinc.
  • Selai kacang : Kacang mempunyai sumber vitamin E yang sangat tinggi selain itu kacang juga merupakan antioksidan. Hal ini membuat kacang dapat melindungi membran sel-sel otak terhadap radikal bebas. Sumber vitamin E pada kacang ini bisa bunda dapat dari selai kacang. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya pilih selai kacang yang rendah dengan Natrium dan gula.
  • Kacang hijau : Sudah tidak diragukan lagi ,kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi. Selain itu kacang hijau juga memiliki kandungan zat besi ,asam folat ,zinc ,potassium ,magnesium ,tembaga ,mangan ,fosfor ,thiamin dan vitamin C. Kandungan ini memiliki fungsi yang penting untuk tubuh dan perkembangan otak. Sehingga makanan ini sangat bagus sekali untuk di berikan kepada si kecil karena kandungannya yang begitu lengkap.

Nah bunda ,itulah beberapa makanan sehat untuk balita yang bisa bunda campurkan ke dalam olahan masakan untuk si kecil. Jika si kecil tidak mau makan juga dengan menu – menu yang bunda kasih lebih baik bunda kreasikan masakan bunda dengan tampilan yang unik. Percaya deh jika tampilan makanan yang bunda kasih lebih unik pasti akan menggugah selera makan si kecil menjadi lebih tinggi. Dan menjadikan si kecil jadi lebih suka makanan dengan apa yang bunda sajikan.

Semoga Bermanfaat !!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *