Hot!

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Bunda sedang menyusui ?? Ya ,wanita yang baru saja melahirkan pasti sangat membutuhkan makanan yang bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan pada bayinya.  Sebab, makanan yang bernutrisi dapat membuat produksi ASI menjadi  semakin berkualitas dan melimpah. Selain itu mengonsumsi makanan yang bernutrisi saat menyusui juga dapat bermanfaat untuk bayi yang sedang di susui. Jika produksi ASI berkualitas maka akan membuat bayi menjadi lebih sehat dan aktif. Bagi seorang wanita yang baru saja melahirkan pastilah ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Sepadat apapun aktivitas yang di jalani pastinya mereka tetap ingin memberikan ASI eksklusif bagi anaknya.

Namun terkadang hal ini juga sering mendapat kendala karena ternyata ASI bunda tidak dapat keluar banyak ,pasti bunda merasa sedihkan ? Padahal si kecil sangat membutuhkan asi yang banyak setiap harinya karena asi merupakan makanan utamanya. Bisa dibayangkan jika asi yang bunda produksi hanya sedikit pasti akan membuat si kecil menjadi lemas.

Hal ini dapat dialami bunda mana saja, serta banyak sekali faktor – faktor yang menyebabkan asi tidak dapat keluar dengan banyak. Maka dari itu sangat penting untuk bunda semua yang sedang menyusui untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Selain untuk memperlancar asi hal ini juga dapat membuat si kecil menjadi lebih sehat dan lebih aktif. Berikut ada beberapa makanan yang dapat di konsumsi untuk memperlancar asi bunda semua.

Kacang Hijau

 

Kacang hijau kaya akan manfaat

 

Kacang Hijau memang sudah sangat terkenal sekali sebagai makanan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bagi ibu hamil rutin mengonsumsi rebusan kacang hijau dapat melancarkan produksi ASI. Saat mengonsumsi rebusan kacang hijau sebaiknya minumlah bersamaan dengan kacang hijaunya.

Bayam

 

Manfaat bayam untuk kesehatan

 

Bayam merupakan sayuran kaya akan asam folat.  Jika anda sedang menyusui rajin mengkonsumsi bayam setiap hari dapat bermanfaat untuk mencerdaskan otak si kecil. Selain asam folat bayam juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Jika anda terkena anemia saat menyusui dapat mengurangi produksi ASI selain itu juga dapat membuat ibu menjadi mudah lelah.

Telur dan Ikan

 

Telur baik untuk ibu menyusui

 

Selain kacang hijau dan juga bayam untuk memperlancar produksi asi dan membuat bayi lebih sehat bunda dapat mencukupi kebutuhan protein dengan mengonsumsi daging dan telur. Di dalam telur mengandung vitamin D yang berfungsi sebagai pembentuk tulang pada bayi. Sangat disarankan untuk memilih telur yang kaya akan DHA hal ini berguna untuk mendapatkan kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi.

 

Ikan laut

 

Selain dengan telur anda juga dapat memenuhi kebutuhan protein melalui ikan, minimal dua porsi seminggu. Sangat disarankan untuk memilih ikan yang dipercaya DHA, seperti ikan salmon. DHA hal ini berguna untuk perkembangan sistem syaraf bayi. Selain itu juga dapat mengurangi stres pasca melahirkan.

Ketimun

 

Timun untuk ibu menyusui

 

Buah Ketimun juga dapat dimanfaatkan untuk memperlancar produksi ASI bagi ibu menyusui karena kandungan airnya yang tinggi. Ibu yang sedang menyusui disangat sarankan untuk mengkonsumsi banyak air agar produksi ASInya tercukupi. Selain itu rasa segar pada buah timun ini juga dapat menghindarkan ibu dari dehidrasi.

Tahu dan Tempe

 

Tahu dan tempe

 

Makanan selanjutnya yang baik untuk ibu menyusui adalah tahu dan tempe. Makanan ini merupakan olahan dari kacang kedelai yang sangat kaya akan protein dan juga antioksidan. Rutin mengkonsumsi tahu dan tempe dapat membuat ibu terlindungi dari radikal bebas. Selain itu juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *