Hot!

Ingin tetap berpuasa saat menyusui ?? Berikut tipsnya

Ingin tetap berpuasa saat menyusui ?? Berikut tipsnya

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan di tahun 2017. Semua orang muslim di dunia ini pun pasti akan sangat senang untuk menyambutnya dan wajib untuk menjalaninya. Lantas bagaimana jika sedang dalam menyusui ?? Apakah harus wajib untuk berpuasa atau tidak ? Berikut penjelasannya.

 

Untuk para ibu – ibu muslim yang sedang menyusui ketika menjelang bulan Ramadan ini, maka puasa ini bukanlah suatu kewajiban untuk di lakukan. Namun jika anda tetap ingin berpuasa boleh saja untuk di lakukan. Agar puasa bisa berjalan dan tubuh tidak lemas saat sedang menyusui, ada beberapa hal yang dapat anda persiapkan agar dapat lebih mudah untuk dilalui. Apa saja sih yang harus dipersiapkan ?? Yuk simak penjelasannya berikut ini ladies.

 

1. Memperbanyak Asupan Makanan Sehat

Hal pertama yang harus di persiapkan adalah memperbanyak asupan makanan sehat. Bagi ibu menyusui yang ingin menjalani puasa maka perbanyaklah untuk mengonsumsi makanan sehat serta bernutrisi. Hal ini sangatlah wajib untuk di penuhi. Pastikanlah anda selalu kenyang selama berbuka puasa sampai tiba waktunya untuk sahur, sebab anda dan buah hati sangatlah membutuhkan banyak sekali nutrisi. Selain itu dapat juga menjadwalkan makan setiap 2 – 3 jam sekali.

 

2. Mengonsumsi Air Putih Sebanyak Mungkin

Hal kedua yang harus di persiapkan adalah mengonsumsi air putih sebanyak yang anda mampu. Saat waktu berbuka puasa telah tiba, sebaiknya minumlah lebih banyak air putih, selain itu minum juga minuman yang manis – manis hal ini untuk menghindari dehidrasi. Minum lebih banyak lagi saat sahur sampai menjelang imsak ya.

 

3. Mengurangi Pekerjaan Rumah Yang Berat

Hal yang ketiga yang harus di persiapkan ibu menyusui jika ingin berpuasa adalah mengurangi pekerjaan rumah tangga yang berat – berat. Agar puasa dapat berjalan dengan lancar alangkah baiknya untuk mengurangi kegiatan yang sangat menguras tenaga misalnya seperti mencuci baju, bersih – bersih rumah dan juga menyetrika. Janganlah untuk memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan rumah tangga ya, jika anda ingin melakukan pekerjaan tersebut sebaiknya lakukan ketika sudah berbuka puasa ya.

 

4. Istirahat Yang Cukup

Hal yang keempat yang harus di siapkan ibu menyusui agar puasa berjalan dengan lancar adalah istirahat yang cukup. Saat menyusui memang sangatlah menguras banyak energi, oleh karena itu pastikan anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Ketika bayi anda tidur siang, maka ini waktunya anda untuk tidur siang juga. Cara ini dapat menghemat tenagamu sampai menjelang berbuka puasa nanti. Tidur siang ketika sedang berpuasa juga sangat berpahala lho.

 

Namun anda juga harus ingat bunda, janganlah terlalu memaksakan diri untuk berpuasa ya. Jika hari sangat terik, dan anda juga banyak kegiatan ataupun anak rewel sampai anda tidak tahan untuk tidak makan dan minum, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk meneruskan puasa ya. Jika anda ingin meneruskan puasa ingatlah kesehatan dirimu dan bayimu. Jangan sampai anda dan anak menjadi sakit karena terlalu memaksakan diri untuk terus berpuasa. Bagi ibu yang sedang menyusui puasa itu tidaklah wajib untuk dilakukan. Namun jika di lakukan pun tidak apa – apa, yang terpenting tetap kuat dan anak tidak rewel ketika di tinggal berpuasa. Sebab biasanya hal ini akan sangat menguras pikiran ,tenaga serta emosi bunda. Maka dari itu jika ingin berpuasa persiapkanlah semua matang – matang ya. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *