Hot!

Cara Mudah Mengendalikan Ego Si Kecil

Cara Mudah Mengendalikan Ego Si Kecil

Bunda ,setiap anak pasti memiliki karakter masing – masing. Mereka pun tidak bisa di samakan antar satu sama lain. Jika kita terlalu memaksakan untuk merubah sikapnya agar menjadi seperti apa yang bunda inginkan ini sangatlah tidak baik. Sebab bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Kita pasti pernah kan melihat si kecil yang tidak mau berbagi mainan ataupun camilan kepada temannya. Ketika bunda mengetahui hal ini apa yang langsung anda lakukan ?? Memarahinya ?? Hm, perlu kalian ketahui sebenarnya hal ini sangatlah wajar untuk anak seusianya. Anak yang masih berusia 3 – 4 tahun belum mengerti tentang rasa berbagi dan rasa egosi. Mood anak pun juga jarang bisa di tebak. Jadi janganlah terlalu mempermasalahkan tentang hal ini

Anak yang egois adalah anak yang ingin selalu menang sendiri dan tidak mau mengalah kepada siapa pun. Dalam berbagai kesempatan ia pun akan selalu mencari pembenaran atas sikap yang ia lakukan. Tahukah bun, jika sikap egois ini sebenarnya bisa dikendalikan lho. Masak sih ?? Iyaa donk, berikut ini ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan untuk mengendalikan ego anak mulai sejak dini. Yuk simak infonya berikut ini :

  • Mengenalkan Rasa Peduli

Hal yang pertama adalah mengenalkan rasa peduli terhadapnya. Bun ,penting sekali untuk mulai mengenalkan rasa peduli pada anak sejak dini, agar ia punya rasa empati pada orang lain. Kenalkanlah anak untuk memahami situasi serta perasaan orang lain. Ajarkanlah ia untuk peka dalam menolong orang yang ada di sekitarnya, dengan demikian maka ia akan menjadi peduli terhadap orang lain dan bisa mengendalikan rasa egonya.

  • Memberikan Contoh Yang Baik

Hal yang kedua adalah berikan ia contoh jangan hanya perintah. Biasanya anak – anak akan lebih mudah untuk mencontoh sebuah tindakan daripada mendengarkan ucapan. Bunda bisa memberikan contoh bagaimana anda meminjamkan barang kepada orang lain. Dengan hal ini maka akan membuat ia menjadi lebih bisa memahami makna berbagi.

  • Membiasakan Ia Untuk Saling Berbagi

Hal yang ketiga adalah membiasakan ia untuk saling berbagi. Anak – anak biasanya belum dapat membedakan antara berbagi dan menyerahkan kepemilikannya. Oleh karena itu bunda sangat di sarankan membiasakan anak untuk mengajarkan berbagi pada anak, jelaskanlah dengan cara berbagi mainan bukan berarti barang miliknya itu menjadi milik orang lain. Dengan pemahaman yang sederhana seperti ini maka akan membantu si kecil dalam mengurangi egonya.

  • Membiasakan Anak Untuk Bermain Bersama

Hal yang keempat adalah membiasakan anak untuk bermain bersama dengan teman seusianya. Perlu sekali membiasakan si kecil untuk saling berbagi, ajaklah anak untuk bermain bersama dengan teman – temannya seusianya. Dengan bermain di Play Ground maka akan membuatnya belajar jika mainan yang di sana merupakan milik umum, yang semua anak bisa bermain dan bersenang – senang di sana.

  • Jangan Pelit Dengan Pujian

Hal yang kelima adalah jangan pelit pujian. Ketika anak melakukan hal – hal yang baik tidak ada salahnya untuk memberikan pujian kepadanya. Dengan hal ini maka akan membuat anak menjadi lebih percaya diri dan lebih bersemangat lagi untuk melakukan kebaikan lainnya. Oleh karena itu janganlah pelit pujian ya.

Bunda ,itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak dapat belajar untuk mengendalikan egonya. Hal ini memang tidak mudah ,namun bunda harus tetap sabar dan telaten. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *