Hot!

Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tetap Segar

Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tetap Segar

Biasanya para ibu rumah tangga sering menyetok berbagai persediian dirumah untuk menghemat waktu agar tidak harus pergi keluar untuk berbelanja setiap harinya. Namun karena penyimpanannya yang kurang tepat terkadang sayuran atau buah – buahan yang kita simpan pasti cepat layu bahkan membusuk. Anda pun pasti akan menjadi sedih sih kan jika stok buah dan sayur yang sudah di beli jadi tidak dapat dikonsumsi lagi karena sudah membusuk. Hal ini terjadi karena anda salah dalam menyimpannya. Meskipun anda sudah menyimpannya di dalam kulkas namun karena tidak hati – hati pasti kesegaran pada sayur dan buah pun menjadi tidak terjaga.

Maka dari itu untuk memastikan kesegaran pada sayur dan buah ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Mulai dari tempat meletakkannya sampai pengemasannya. Yuk simak beberapa tips berikut ini.

♠  Jangan Letakkan di Tempat Panas dan Berasap

Sebaiknya anda janganlah meletakkan sayur dan buah ditempat yang panas atau berasapnya. Sebab sayur dan buah yang berdekatan dengan area yang panas dan berasap dapat mempercepat sayuran dan buah membusuk. Jika anda ingin menyimpannya agar dapat bertahan lama sebaiknya taruhlah pada tempat yang bersuhu dingin atau kulkas.

♠  Jauhkan dari Kompor Gas

Agar sayur dan buah dapat bertahan lama sebaiknya jangalah meletakkan sayur dan buah terlalu dekat dengan kompor gas. Sebab gas yang keluar dari kompor ini dapat membuat sayur dan buah menjadi cepat matang. Oleh karena itu jika anda tidak ingin sayurmu menjadi cepat busuk maka jauhkanlah dari kompor.

♠ Jangan Potong ataupun Mengirisnya

Jika anda ingin menyetok sayur dan buah agar tetap segar saat disimpan sebaiknya jangan memotong atau mengiris bagiannya. Biarkanlah sayur dan buah ini tetap utuh. Sebaiknya anda memotong dan mengirisnya saat akan diolah atau dikonsumsi saja. Sebab sayur dan buah yang masih dalam keadaan utuh akan lebih awet dan tetap segar saat disimpan di dalam kulkas.

♠ Pisahkan Yang Segar dengan yang Busuk

Untuk membuat sayur dan buah agar tetap segar dan awet anda harus memisahkannya dengan yang busuk. Sebab satu buah saja yang busuk dapat membuat sayur atau buah lain yang ada didekatnya ikut membusuk. Ketika ada sayur atau buah yang sudah terlihat tanda-tanda akan membusuk maka segera buang buah tersebut. Jangan sampai hanya gara-gara satu buah saja, sayur dan buah anda menjadi busuk semua.

♠ Perhatikan Sirkulasi Udaranya

Hal yang perlu dilakukan untuk membuat sayur dan buah tetap segar adalah jangan menyimpannya didalam tempat yang sempit ataupun terlalu berdekatan. Anda harus memperhatikan sirkulasi udaranya. Kesegaran sayur dan buah dapat tetap terjaga dengan baik jika sirkulasi udarapun juga lancar.

Jangan menumpuk sayur atau buah di kulkas terlalu banyak karena hal ini sangatlah tidak baik. Sebab hal ini dapat membuat sirkulasi udaranya dapat memburuk. Akibatnya dapat mempengaruhi kandungan nutrisi pada sayur dan buah tersebut.

Nah ladies ,itulah beberapa cara untuk menyimpan sayur dan buah agar tetap segar dan dapat bertahan lama. Jika anda ingin menyetok sayuran dalam jumlah yang banyak maka anda dapat menggunakan tips – tips diatas. Jika sayur dan buah masih dalam keadaan yang segar pastinya saat diolah pun rasanya tetap enak dan juga lezat. Selain itu kandungan nutrisinya pun juga tetap masih ada. Yuk mulai sekarang simpan sayur dan buah anda dengan tepat. Agar nutrisinya tetap terjaga.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *