Hot!

Cara Mengenalkan Anak Tentang Menstruasi

Cara Mengenalkan Anak Tentang Menstruasi

Setiap ibu harus selalu mengenalkan berbagai hal kepada anak – anaknya terlebih jika anak anda adalah perempuan. Anak sangatlah butuh untuk mengenal banyak hal, mulai dari hal – hal yang baik, hal buruk sampai yang unik, aneh, bahkan hal yang tabu sekalipun perlu untuk dibicarakan di usia mereka. Anak perempuan wajib tahu tentang hal – hal seperti hamil, organ intim ,seks ,bagaimana bayi bisa lahir dan menstruasi. Ini merupakan tugas orang tua untuk menjelaskan kepada mereka. Mau tidak mau, orangtualah yang sebaiknya mengenalkan hal – hal tersebut kepada anak terutama untuk anak perempuan. Berikut ini adalah cara untuk mengenalkan hal – hal tersebut kepada anak.

  • Menyiapkan Diri Sebelum Menjelaskan

Langkah yang pertama menyiapkan diri sebelum menjelaskan. Tentunya moms masih ingat dengan pelajaran biologi semasa tentang reproduksi ? Sebelum menjelaskan kepada anak ,alangkah baiknya untuk membuka lagi buku – buku tersebut atau bisa juga dengan membaca artikel tentang hal ini sebelum. Bagaimana pun untuk mengenalkan hal ini kepada anak anda perlu persiapan agar bisa menjelaskannya secara gamblang. Apa yang penting untuk diketahui anak dan apa yang kira – kira membuatnya bingung nantinya. Jika anda saja bingung, bagaimana anak bisa paham dengan semua penjelasan yang di berikan.

  • Penjelasan Yang Sederhana Dengan Perumpamaan

Langkah yang kedua adalah penjelasan yang sederhana. Menjelaskan dengan panjang lebar dan secara teori ilmiah seperti di dalam buku Biologi tentunya hanya akan membuat anak menjadi kebingungan, maka dari itu jelaskan secara sederhana saja. Misalnya, “ Jika darah mulai keluar dari vagina setiap bulannya itu di karenakan kamu mulai dewasa, jadi nggak usah takut dan bingung ya ”

Jika anak anda merasa bingung dan merasa jijik, maka sebaiknya gunakanlah sebuah perumpamaan, misalnya seperti “Jika kamu sedang pilek dan keluar ingus, maka anda membutuhkan tisu. Begitu juga dengan menstruasi yang juga sebuah membutuhkan pembalut. ” Dengan begitu maka anak pun akan paham dengan sendirinya.

  • Memperkenalkan Pembalut dan Tampon

Langkah yang ketiga memperkenalkan pembalut dan tempon. Ketika menjelaskan pada anak bawa juga pembalut dan tampon. Mungkin di Indonesia sendiri jarang sekali memakai tampon, namun bagaimana pun anak harus mengetahui tentang hal ini. Biarkanlah anak untuk membuka pembungkusnya serta mengetahui seperti apa sih bentuk dari pembalut itu, mengapa ada yang memiliki sayap dan ada pula yang tidak, serta bagaimana cara untuk memakainya. Begitu pula cara untuk mengenalkannya dengan anak laki – laki.

  • Bersikap Santai dan Jangan Grogi

Langkah yang keempat adalah bersikap santai. Ketika menjelaskan kepada sebaiknya tetaplah untuk bersikap santai. Jangan grogi atau merasa hal ini tidak enak untuk dibicarakan. Santai saja seperti anda mengobrol biasa saja dengan anak tentang dongeng. Sebaiknya sebelum menjelaskan katakan pada anak jika ini hal penting sekali untuk diketahui. Anda dapat membawa buku, gambar atau lain sebagainya untuk mendukung penjelasanmu tersebut.

Hmmm, mungkin memang terkesan sulit untuk di lakukan. Tetapi justru dari sinilah anak dapat paham dengan hal – hal yang sebenarnya justru sangatlah melekat dengan kehidupannya sehari – hari. Dan kapan anak – anak dapat diperkenalkan dengan menstruasi? Sejak ia mulai memasuki usia remaja atau pun pubertas. Saat ia tidak mau untuk membicarakan hal ini sebaiknya jangan di paksa ya. Lebih baik jelaskan secar perlahan dan saat ia sedang memiliki mood yang bagus.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *