Hot!

Cara Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak Dan Berkualitas

Cara Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak Dan Berkualitas

Tidur adalah salah satu aktivitas yang memang penting sekali untuk dilakukan oleh setiap orang, termasuk bayi. Setiap orang dalam seharinya sangatlah perlu tidur dengan waktu yang cukup. Bukan hanya anak – anak dan orang dewasa saja ,namun bayi pun butuh untuk tidur. Setiap masing – masing bayi membutuhkan dan mempunyai kebiasaan tidur yang berbeda – beda, namun tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting untuk si kecil. Maka dari itu bunda harus bisa mengupayakan si kecil untuk bisa tidur yang berkualitas.

Ladies ,berikut ini ada beberapa tips agar bayi dapat tidur. Yuk simak tips berikut :

  • Kamar Tidur Yang Nyaman

Agar bayi dapat tidur yang berkualitas maka anda harus memastikan kamar tidurnya nyaman. Buatlah kamar tidur si kecil senyaman mungkin untuk tempat beristirahat. Alangkah baiknya ketika bayi akan tidur jauhkan terlebih dahulu boks mainannya. Sebab mainan yang ada di dalam boks tersebut hanya akan mengalihkan perhatian bayi, bahkan bisa membuatnya menjadi bingung antara waktu bermain dan waktu tidur.

  • Ajarkan Untuk Tidur Sejak Dini

Agar bayi dapat tidur nyenyak dan berkualitas maka ajarkan bayi untuk tidur terpisah. Jika anda sudah merasa aman untuk meninggalkan bayi yang sedang tidur sendirian, maka usahakan untuk tidur di ruang yang terpisah dengan bayi. Sebab hal ini agar bayi dapat terbiasa untuk mandiri, jadi nantinya ketika dia sudah mulai beranjak dewasa dan harus tidur di kamarnya sendiri, ia sudah merasa terbiasa dan tidak akan takut lagi. Hal ini pula yang akan membuat bayi anda menjadi lebih mudah tertidur sendiri, tanpa harus ditidurkan.

  • Ruangan Yang Sejuk

Jika bayi dapat tidur nyenyak dan berkualitas maka harus membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Bukan hanya orang dewasa saja yang butuh kenyamanan, bayi pun juga butuh rasa nyaman. Biasanya seseorang akan merasa nyaman jika tidur di ruangan yang sejuk. Oleh karena itu jaga suhu ruangan antara 20 hingga 24 derajat celcius, atau sebaiknya pilihlah baju tidur yang tidak membuat bayi merasa gerah. Jangan letak kan boks bayi terlalu dekat dengan jendela, sebab perubahan suhu ruangan yang secara tiba-tiba akan membuat si kecil menjadi terbangun.

  • Cahaya Dalam Ruangan

Caranya selanjutnya adalah memperhatikan cahaya ruangan. Untuk seorang bayi, cahaya yang terang merupakan penanda agar ia bangun. Oleh karena itu letakkan boks bayi di tempat yang tidak terkenan paparan sinar matahari. Begitu juga ketika malam, usahakan lah jangan terlalu banyak cahaya di dalam ruang tidurnya ya. Bayi belum mempunyai rasa takut terhadap gelap, paling tidak sampai usianya mencapai 18 bulan.

  • Mengajarkan Bayi Tidur Kembali Setelah Terbangun

Cara yang terakhir untuk membuat bayi tidur dengan nyenyak adalah dengan mengajarkan bayi untuk tidur kembali. Mungkin beberapa bayi sudah terbiasa untuk tertidur kembali dengan sendirinya setelah ia terbangun di tengah malam, tetapi anda juga bisa mengajarkannya untuk tidur kembali pada bayi yang sudah berusia di atas 5 bulan. Jika bayi menangis di tengah malam, cara untuk mengajarkannya untuk tidur kembali adalah dengan membiarkan ia menangis selama beberapa menit, sebelum anda menengoknya. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu untuk beradaptasi bagi bayi.

Itulah cara agar bayi bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas. Yuk mulai sekarang biasakan anak untuk tidur sendiri, agar ia tidak selalu ketergantungan dengan orang tuanya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *