Hot!

Ajarkan Anak Dalam Mengatur Keuangan Sejak Dini

Ajarkan Anak Dalam Mengatur Keuangan Sejak Dini

Sebagai orang tua yang tentunya kita perlu mengajarkan hal yang baik untuk anak. Salah satu hal baik yang perlu diajarkan oleh orangtua untuk anak adalah cara dalam mengatur keuangan. Mungkin hal ini memang terlihat sulit untuk diajarkan kepada anak ,namun bukan berarti anda dapat mengabaikan masalah yang penting ini, sebab bagaimana pun skill dalam mengatur keuangan akan sangat dibutuhkannya ketika  mereka dewasa nanti.

Sebenarnya anak ketika yang sudah berusia 3 tahun sudah bisa di ajarkan dalam mengatur keuangan ( menabung dan menggunakan uang ). Ada sebuah penelitian yang menyatakan jika kebiasaan anak dalam mengenal dan menggunakan uang sudah mulai terbentuk sejak usia 7 tahun. Semakin dini anak mulai dikenalkan dan diajarkan tentang uang maka akan semakin baik. Karena saat dewasa nanti ia akan lebih mudah dalam mengola keuangannya sendiri.

Berikut ini ada 2 langkah yang bisa dilakukan dalam mengajarkan tentang keuangan ketika berusia 3-5 tahun, yuk simak penjelasan berikut :

  • Ajarkan Ia Untuk Menunggu

Langkah yang pertama adalah ajar kan ia untuk menunggu. Biasanya anak yang masih berusia 3 – 5 tahun akan selalu memaksakan kehendaknya. Setiap keinginannya harus langsung di dapatkan. Ajarkan kepada  bahwa tidak semua yang mereka inginkan itu langsung di dapatkan. Mereka harus tahu jika harus mengumpulkan dan menabung uang terlebih dahulu sebelum mereka dapat mendapatkan barang yang diinginkan. Berikan ia alasan yang jelas dan tepat ,dengan memberikan hal yang jelas dan mudah untuk dimengerti, pasti ia akan paham dengan sendirinya.

  • Berikan Latihan Untuk Menabung

Langkah yang kedua adalah memberikan latihan. Anda dapat membuatkan ia barang sederhana yaitu kotak dengan tulisan “Tabungan”. Alangkah baiknya untuk mengenalkan anak dengan konsep menabung sejak dini. Saat anak ulang tahun, selesai  ia dalam mengerjakan pekerjaan rumah atau membantu dalam berberas anda dapat memberi ia uang koin untuk menghargai pekerjaannya. Jika si kecil menginginkan suatu barang dengan harga yang cukup mahal, anda bisa mengajarkan anak untuk menabung uang yang di dapat tadi  agar bisa membeli barang yang di inginkan tersebut. Nah ,dari sinilah, mereka akan belajar dalam menghargai uang.

Sangat simple sekali kan ladies. Mungkin memang terlihat simple tapi susah untuk di jalan. Sebab setiap anak pasti memiliki karakter yang berbeda. Jika anda tidak bisa mengerti dengan baik ,jangan terlalu memaksa ya. Lakukan perlahan saja, dalam mengenalkan uang dengan cara yang santai. Jangan berikan si kecil penjelasan panjang lebar dan kerasa. Karena hal ini hanya akan membuatnya bingung. Alangkah baiknya untuk memberikan contoh yang sangat sederhana dan mudah untuk di pahami atau yang selalu anak temui di sekolah atau lingkungan sekitarnya ya.

Pastinya kita sebagai orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak. Oleh karena ajarkan hal ini sejak dini ya agar saat ia dewasa nanti ia lebih mudah dalam mengelola keuangannya sendiri. Namun anda harus ingat ladies ,jangan terlalu memaksa ya, sebab anak yang terlalu di paksa tidak akan bagus untuk tumbuh kembang.

Sebaiknya berikan ia penjelasan yang gampang untuk pahami dengan baik. Dengan mengajarkan hal ini bukan hanya baik untuk skill ia dalam mengatur keuangan namun hal ini juga sekaligus melatih kesabarannya. Jangan bosan untuk mengajarkan hal yang baik untuk anak ya. Selamat mencoba bunda. Semoga informasi di atas bermanfaat ya bunda.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *