Hot!

7 Hal Yang Bisa Terjadi Saat Kram Perut Diluar Masa Haid

7 Hal Yang Bisa Terjadi Saat Kram Perut Diluar Masa Haid

Ladies, apakah kalian sering mengalami kram perut ?? Biasanya kram perut ini sering dialami oleh wanita yang akan mengalami haid ataupun sedang haid. Intensitasnya pun mungkin akan berbeda pada setiap wanita. Namun ,bagaimanakah jika anda mengalami kram perut namun tidak sedang mengalami haid ?

Sebenarnya ada banyak sekali kemungkinan kondisi yang dapat anda alami saat kram perut melanda padahal anda sedang tidak haid. Bukan hanya kemungkinan siklus haid yang datang lebih cepat, ada beberapa kemungkinan lain yang dapat terjadi saat mengalami kram perut. Lantas hal apa saja sih yang kemungkinan bisa terjadi saat kram perut melanda ? Berikut ini beberapa diantara ,simak yuk :

  • Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Hal pertama adalah mengalami gangguan pada pencernaan. Kram ataupun nyeri perut yang terjadi bisa saja dikarenakan adanya pembengkakan ataupun iritasi di sejumlah bagian saluran pencernaan. Terlebih lagi jika gejala yang terjadi disertai dengan sembelit, demam, diare, muncul darah di feses dan penurunan berat badan, ada kemungkinan yang terjadi adalah di karenakan anda sedang mengalami gangguan pencernaan.

  • Ovulasi

Hal kedua adalah ovulasi. Apakah anda pernah mengalami kram perut 10 hingga14 hari sebelum siklus haid? Tidak usah panik ladies, hal ini bisa saja dikarenakan anda sedang mengalami ovulasi. Dalam kondisi ini, rahim akan melepas telur di mana tubuh dalam kondisi siap untuk kemungkinan bisa hamil.

  • Kista

Hal ketiga adalah kista. Kista yang pecah yang juga dapat menyebabkan nyeri ataupun kram perut. Biasanya hal ini juga disertai dengan munculnya bercak darah.

  • Tanda Kehamilan

Hal keempat adalah tanda kehamilan. Kram perut yang terjadi juga dapat sebagai tanda munculnya kehamilan. Untuk mengetahuinya anda bisa mencoba untuk menggunakan test pack atau bisa juga dengan menghubungi dokter untuk mengeceknya.

  • Endometriosis

Hal kelima adalah endometriosis. Endometriosis merupakan suatu kelainan di mana adanya sebuah jaringan rahim (endometrium) yang berada di luar dari rahim. Biasanya nyeri perut yang dirasakan disertai dengan rasa sakit di area punggung bagian bawah dan bagian bawah pusar.

  • Usus Buntu

Hal keenam adalah usus buntu. Rasa nyeri juga bisa dikarenakan mengalami usus buntu. Biasanya rasa nyeri akibat usus buntuk ini berawal dari bagian sekitar pusar. Kemudian semakin parah ke area bawah kanan perut. Biasanya rasa sakitnya ini akan terasa lebih nyeri ketika batuk, bergerak dan bersin.

  • Kanker Rahim

Hal ketujuh adalah kanker rahim. Rasa nyeri ataupun kram perut yang dialami dapat disertai dengan perut yang membuncit dan intensitas buang air kecil yang meningkat. Lebih baik periksakan diri ke dokter jika rasa sakitnya tidak kunjung hilang dalam kurun waktu lama atau lebih dari 2 minggu.

Namun lebih baik jangan keburu panik, ya ladies. Alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mencari kepastiannya ya ladies. Kram perut yang terjadi pada wanita memang berbeda – beda tergantung masalah yang dialami. Namun sebaiknya jangan diamkan begitu saja ya ladies. Sebab kram perut yang terjadi bisa juga dikarenakan masalah yang cukup serius. Oleh karena itu segera periksakan ke dokter ya jika dirasa kram perut yang terjadi sudah sangat tidak wajar. Agar bisa mendapat penanganan yang tepat dan tidak terlambat. Yuk biasakan mulai hidup sehat mulai dari sekarang ladies. Agar hidup lebih sehat dan lebih nyaman,

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *