Hot!

6 Penyebab Ngiler Saat Tidur

6 Penyebab Ngiler Saat Tidur

Tidur adalah salah satu kegiatan yang cukup penting untuk dilakukan. Sebab jika dalam sehari saja tidak todur pasti akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak fokus untuk menjalani aktivitas dalam seharian. Ladies, halo ngaku siapa sih di antara kalian yang sering ngiler saat tidur ? Sebenarnya ngiler adalah salah satu kejadian yang wajar saat tertidur, tetapi bagi orang dewasa kejadian ini cukup memalukan.

Ladies, ternyata ngiler ini terjadi bukan tanpa sebab lho. Berikut ini ada beberapa hal yang memang menjadi penyebab seseorang menjadi mudah ngiler ketika tidur.

  • Penyebab yang pertama adalah keadaan mulut yang kering. Ternyata mulut kering akan memicu produksi air liur lho. Air liur yang berlebih ini akan keluar sendiri jika sudah mencapai batas tertentu ketika tidur.
  • Penyebab yang kedua adalah tidur dengan mulut yang terbuka. Mulut yang terbuka juga akan menyebabkan kelembaban rongga mulut menjadi berkurang sehingga mulut menjadi cepat kering. Oleh karena itu anda akan lebih mudah untuk ngiler.
  • Penyebab yang ketiga adalah tidur tengkurap. Bukan hanya tidur degan mulut yang terbuka saja yang bisa menyebabkan anda menjadi mudah ngiler ternyata tidur dengan tengkurap juga dapat menyebabkan ngiler. Posisi kepala yang miring ketika tidur tengkurap bisa menyebabkan rahang terdorong sehingga mulut akan terbuka.
  • Penyebab yang keempat adalah mengalami masalah pada gigi dan gusi. Gigi dan gusi yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab mengapa seseorang ngiler ketika ia tidur. Sakit gigi dan gusi ini menyebabkan kita sering menarik angin ke dalam mulut. Inilah yang akan membuat mulut menjadi cepat kering dan memicu kelenjar ludah untuk memproduksi air liur yang cukup banyak.
  • Penyebab yang kelima adalah mengonsumsi obat – obatan tertentu. Mengonsumsi obat – obatan tertentu ketika masa penyembuhan medis juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering atau memicu produksi air liur.
  • Penyebab yang keenam adalah efek samping dari zat kimia tertentu. Biasanya ada beberapa zat kimia tertentu yang sering digunakan dalam penyembuhan medis. Zat kimia ini kemungkinan besar akan mempunyai efek samping misalnya seperti menyebabkan mulut menjadi kering ataupun memicu produksi air liur. Jika memang zat kimia tersebut diminum demi kesembuhan suatu penyakit,  sebaiknya diminum saja nggak usah takut ya. Toh efeknya hanya ngiler kan nggak berakibat buruk untuk kesehatanmu. Nggak ada salahnya kan.

Nah Ladies, itulah tadi beberapa penyebab mengapa seseorang dapat ngiler saat ia tidur. Untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara yang bisa di lakukan. Salah satu caranya adalah anda sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih sebelum tidur untuk menjaga kelembaban mulut sehingga tidak sampai mengalami kekeringan. Bukan hanya itu saja, anda pun juga harus menghindari tidur dengan posisi tertentu. Selain itu anda juga bisa dengan menambah ketinggian bantal. Dengan menambah ketinggian bantal maka bisa membuatmu tidur dengan lebih nyenyak tanoa ada iler yang keuar dari mulut.

Ngiler adalah salah satu hal yang cukup memalukan ya. Bukan hanya membuat orang menjadi jijik biasanya iler ini juga akan membuat bantal atau guling timbul bau yang tidak sedap. Jika anda tidur dengan pasangan pasti cukup  rasanya akan sedikit malu jika ketahuan ngiler. Hm, apalagi jika anda merupakan pasangan baru yang baru saja menikah pasti rasanya akan sedikit malu. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *