Hot!

5 Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

5 Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Perut yang terasa kembung tentunya akan membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak nyaman. Terlebih untuk bayi yang masih berusia 3 – 6 bulan. Perut kembung pada bayi tentu akan membuatnya menjadi mudah rewel dan sering menangis sepanjang hari. Jika bayi anda mengalami hal ini ,yang perlu di lakukan adalah tetap tenang dan jangan khawatir yang berlebihan.

Sebenarnya perut kembung yang di alami pada bayi yang berusia 3 hingga 6 bulan merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan pada bayi memang belum terbentuk dan bekerja dengan sempurna.

Masalah perut kembung yang terjadi pada bayi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ada beberapa penyebab perut bayi menjadi kembung.

  • Makanan Yang Dikonsumsi Untuk Si Kecil

Penyebab yang pertama adalah makanan yang di konsumsi si kecil. Perlu anda ketahui bunda jika setiap makanan yang konsumsi oleh si kecil sangatlah berpengaruh terhadap kesehatannya. Apalagi, jika makanan utama si kecil adalah ASI eksklusif. Alangkah baiknya untuk selalu memperhatikan makanan yang akan di konsumsi si kecil,agar terhindar dari risiko perut kembung. Sangat disarankan untuk mengurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan gas misalnya seperti kubis, bawang, brokoli, kacang dan kembang kol.

  • Efek Dari Susu Formula

Penyebab yang kedua adalah efek dari susu formula. Sebelum bunda memberikan susu formula untuk si keci, alangkah baiknya untuk mengonsultasikan hal ini ke bidan atau pun dokter anak. Sebab tidak semua susu formula itu cocok untuk dikonsumsi si kecil. Sebenarnya ada beberapa susu formula tertentu yang bisa membuat perut menjadi kembung. Bukan hanya itu bahkan susu formula ini juga bisa menyebabkan alergi ataupun terjadi masalah pada sistem pencernaan.

  • Penggunaan Kipas Angin atau AC yang Berlebihan

Penyebab yang ketiga adalah penggunaan kipas angin atau AC. Sepanas apapun udara di rumah, sebaiknya jangan menggunakan kipas angin ataupun AC secara berlebihan ya. Sebab penggunaan kipas angin atau AC yang berlebihan bisa mendorong terjadinya masalah perut kembung terhadap si kecil. Saat bayi menelan terlalu banyak udara, maka bisa dipastikan hal ini akan meningkatkan risiko perut menjadi kembung.

  • Posisi Menyusui Yang Kurang Tepat

Penyebab yang keempat adalah posisi menyusui yang kurang tepat. Menyusui merupakan aktivitas yang sering dilakukan antara ibu dan bayinya. Apalagi, jika bayinya masih berumur 3 bulan ia hanya boleh minum ASI eksklusif. Namun sayangnya, aktivitas menyusui di lakukan dengan kurang tepat sehingga bisa meningkatkan risiko bayi mengalami perut kembung. Kesalahan yang sering dilakukan ketika menyusui antara lain adalah posisi menyusui yang kurang tepat misalnya kepala bayi terlalu rendah ketika menyusu.

  • Terlalu Lama Memakai Popok

Penyebab yang kelima adalah penggunaan popok terlalu lama. Jika si kecil masih selalu menggunakan popok, usahakan untuk sering mengganti popoknya ya. Jangan sampai, menggunakan popok terlalu lama atau menunggu air kencing penuh terlebih dahulu. Penggunaan popok yang terlalu lama maka dapat meningkatkan risiko perut kembung pada si kecil. Hal ini juga dapat menyebabkan alergi serta infeksi pada sekitar alat kelamin buah hati.

Nah bunda ,itulah tadi beberapa penyebab perut kembung pada si kecil. Bukan hanya itu saja, sebenarnya masih banyak penyebab lain yang membuat perut si kecil menjadi kembung seperti bayi diajak melakukan perjalanan jauh, bayi yang dimandikan terlalu lama ,bayi yang menangis berlebihan dan masih banyak lainnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *