Hot!

5 Alasan Otot Kaki Tiba – Tiba Sering Kram

5 Alasan Otot Kaki Tiba – Tiba Sering Kram

Setiap orang pasti pernah merasakan otot tiba – tiba kram. Entah itu ketika berolahraga ataupun sedang melakukan aktivitas lainnya. Otot yang tiba – tiba kram ini sebenarnya dikarenakan kurangnya pemanasan, atau bisa dikarenakan terlalu lama berdiri dan dehidrasi. Otot yang mengalami gerakan ekstrem secara tiba-tiba hal ini juga akan membuat otot menjadi syok sehingga akan mengalami kram. Selain itu terlalu lelah juga dapat membuat kaki menjadi kram.

Namun ternyata ada alasan lain lho yang membuat kaki bisa merasakan kram secara tiba-tiba. Lantas apa saja sih alasan yang dimaksud ? Penasaran ?? Berikut ini ada beberapa alasan yang membuat kaki sering merasakan kram tapi tidak pernah disadari.

  • Hamil

Alasan pertama yang membuat kaki tiba – tiba sering kram adalah hamil. Ternyata hamil bisa menjadi faktor mengapa kaki tiba – tiba sering merasakan kram terutama pada trimester kedua dan trimester ketiga. Hal ini disebabkan kurangnya magnesium dan kalium di dalam tubuh. Jika anda sedang hamil dan mengalami kram kaki, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air agar tidak dehidrasi dan juga disarankan untuk makan makanan tinggi magnesium dan kalium.

  • Pengobatan

Alasan kedua yang membuat kaki tiba – tiba sering kram adalah pengobatan. Jika anda sedang dalam menjalani pengobatan tertentu, seperti misalnya obat untuk menurunkan tekanan darah, terkadang kram ini terjadi dikarenakan otot kehilangan cairan dan juga garam. Selain itu pengobatan lain yang sering juga menimbulkan kram merupakan obat – obatan untuk osteoporosis, asma, anemia, dan obat – obatan menambah hormon estrogen untuk wanita yang sudah menopause.

  • Diabetes

Alasan ketiga yang membuat kaki tiba – tiba sering merasa kram adalah diabetes. Jika kadar gula darah di dalam tubuh tingginya maka hal ini bisa menyebabkan kerusakan saraf pada kaki, tangan dan lengan. Di karenakan kondisi neuropati perifer diabetes. Kondisi ini pun menyebabkan otot terasa mati rasa, kram, kebas, atau tergelitik. Otot kemudian berada dalam kondisi yang tidak dapat digunakan dengan semestinya sebab pengaruh gula darah yang terlalu tinggi.

  • Dehidrasi

Alasan keempat yang membuat otot kaki tiba – tiba sering kram adalah dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan perubahan keseimbangan pada aliran listrik dan ion didalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan kebingungan di dalam otak dan membuat otot akan mengalami kesulitan dalam memproses sinyal yang muncul. Hasilnya pun otot menjadi mudah kram.

  • Berada pada posisi yang sama dalam waktu lama

Alasan kelima yang membuat otot kaki kram adalah berada dalam posisi yang sama dengan waktu yang cukup lama. Entah itu saat duduk, berdiri, ataupun melakukan posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama juga mampu menyebabkan ketegangan pada otot. Selain itu hal ini juga memicu penumpukan asam laktat yang akan membuat otot mudah kejang.

Nah ladies, itulah tadi beberapa alasan kenapa otot kaki tiba – tiba sering mengalami kram. Jadi bukan hanya di karenakan kurang pemanasan saja ya. Beberapa hal diatas ternyata juga menjadi faktor otot kaki sering mengalami kram. Saat otot kaki mengalami kram rasanya memang sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi kaki yang kram pun banyak sekali cara yang bisa di lakukan. Misalnya seperti dengan mengompres otot kaki menggunakan air panas atau dingin, memijat bagian otot yang menegang, menghentikan aktivitas kemudian melemaskan otot, mengonsumsi air putih dan masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan agar otot kaki kembali rileks. Gimana mudah kan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *