Hot!

4 Langkah Untuk Melatih Otot Mata Untuk Mencegah Kelelahan Pada Mata

4 Langkah Untuk Melatih Otot Mata Untuk Mencegah Kelelahan Pada Mata

Memiliki pekerjaan yang setiap hari harus berhadapan dengan komputer dan gadget memang tidaklah mudah. Selain melelahkan otot – otot tulang tubuh hal ini ternyata juga bisa merusak mata. Jika kita tidak berhati – hati maka bisa menyebabkan mata menjadi rusak. Hal ini di karenakan aktivitas kita sehari – hari tersebut yang membuat mata kurang bergerak dan hanya berfokus ke layar komputer selama berjam – jam. Padahal yang sebenarnya mata merupakan alat indera yang di rancang untuk bergerak secara teratur.

Pergerakan mata ini perlu sekali karena berfungsi untuk memaksimalkan aliran darah dan irama saraf yang terdapat di dalam bola mata, sekaligus pergerakan mata ini juga untuk menunjang kerja otot-otot yang mengatur pergerakan mata.

Bukankah memang dengan seiring bertambahnya usia kemampuan penglihatan mata akan menurun? Sebenarnya tidak dears. Kemampuan penglihatan mata ini bisa terus dijaga dengan melatih otot – otot pengendali mata. Dengan melakukan latihan niscaya bisa mencegah ketegangan ataupun kelelahan pada mata. Selain itu juga bisa meningkatkan kemampuan penglihatan.

Nah dears, berikut ini ada beberapa langkah untuk melatih otot mata. Alangkah baiknya jika hal ini dilakukan secara teratur ya agar mendapatkan hasil yang maksimal :

Langkah yang pertama adalah dengan melirikkan mata ke sebelah kiri sejauh yang anda bisa. Lakukan cara ini selama 3-5 detik, setelah itu ganti dengan melirikkan mata ke sebelah kanan selama 3-5 detik. Kemudian istirahat sejenak, selanjutnya ulangi langkah ini beberapa kali hingga mata anda lebih rileks.

Langkah yang kedua adalah dengan melirikkan mata ke atas sejauh yang anda bisa. Anda bisa melakukan cara ini selama 3-5 detik, setelah itu lirikkan mata anda ke bawah sejauh yang anda bisa, untuk waktunya pun sama yaitu selama 3-5 detik. Jika sudah ,alangkah baiknya untuk istirahat sejenak kemudian ulangi langkah ini beberapa kali ya sampai indera penglihatan tidak tegang.

Langkah yang ketiga adalah dengan memutar – mutar mata secara perlahan-lahan. Sebaiknya awali dengan memutar mata searah jarum jam ya, setelah itu anda bisa memutar mata berlawanan arah jarum jam. Istirahat sejenak, setelah itu ulangi kembali langkah ini untuk beberapa kali. Pastikanlah jika putaran mata yang dilakukan perlahan-lahan. Umumnya dalam satu putaran mata penuh memerlukan waktu selama 3 detik.

Langkah yang keempat adalah dengan meletakkan sebuah pulpen di depan mata anda dengan jarak kira-kira sepanjang lengan anda. Setelah itu atur fokus Anda untuk memandangi ujung pulpen tersebut dengan waktu sekitar 3-5 detik. Setelah itu ganti fokus Anda ke objek lain yang lebih jauh dari pulpen tersebut ya, semakin jauh maka akan semakin baik pula.

Nah dears, itulah tadi beberapa cara untuk melatih otot mata agar tidak tegang dan tidak lelah. Sangat mudah sekali kan caranya. Ketika mata mulai lelah pastinya hal ini akan sangat mengganggu sekali. Terlebih lagi jika tugas di kantor sangat banyak dan kita pun di tuntut untuk segera menyelesaikannya. Hm, jika terjadi masalah dengan mata pastinya bisa membuat konsentrasi memudar dan kita pun menjadi tidak fokus. Oleh karena itu penting sekali untuk mengistiratkan mata anda sejenak saat anda sedang bekerja. Selain itu anda juga bisa melakukan beberapa cara di atas. Namun jika sudah mencoba dengan cara diatas mata tidak menampakkan perubahannya alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter mata, agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *