Hot!

Tips Menyeimbangkan Pekerjaan Utama Dan Sampingan

Tips Menyeimbangkan Pekerjaan Utama Dan Sampingan

Orang yang sudah bekerja belum tentu tidak membutuhkan pekerjaan lain. Biasanya hal ini dikarena berbagai faktor, yang terkadang menuntut kita membutuhkan pekerjaan sampingan meskipun telah memiliki pekerjaan yang utama. Mereka rela bekerja seharian dari pagi hingga sore kerja di kantor dan malam harinya hingga larut malam bekerja di rumah. Saat akhir pekan pun waktunya masih diisi dengan kegiatan bekerja untuk bisa memenuhi deadline atau tenggang waktu yang ada. Hal ini pastinya bikin lelah dan pusing kan.

Untuk bisa menjalani kedua pekerjaan ini di butuhka tenaga yang ekstra dan juga kesabaran. Tak jarang hal ini membuat kita kewalahan dan ingin menyerah. Namun jika kita tetap berusaha dan tetap menikmati semuanya pasti rasanya lebih ringan untuk di jalankan. Seperti beberapa cara berikut ini. Cara ini bisa membantu anda dalam menyeimbangkan pekerjaan utama dan sampingan agar semua dapat berjalan dengan lancar dan ringan. Anda bisa memulainya dari yang membagi prioritas dan memetakan jadwal. Juga yang tidak kalah penting adalah soal menjaga kesehatan.

Nah berikut ini beberapa tips-tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyeimbangkan pekerjaan utama dan sampingan dengan lebih baik.

  • Membuat Jadwal Harian

Anda harus tetap mengutamakan pekerjaan utama anda. Bagaimana pun tanggung jawab pekerjaan yang utama harus selalu didahulukan. Jangan sampai karena anda repot dengan pekerjaan sampingan, anda jadi mengabaikan kerjaan yang utama. Sebaiknya anda perlu membuat jadwal harian soal kapan pekerjaan utama harus beres kemudian kita dapat memulai mengerjakan pekerjaan sampingan anda. Usahakan jangan sampai jadwalnya menjadi bentrok.

  • Ketahui Kemampuan Diri

Hal yang terpenting dalam memyeimbangkan pekerjaan utama dan sampingan adalah mengetahui kemampuan diri. Supaya pekerjaan dapat berjalan dengan lancar anda harus menjaga kesehatan bagaimana pun caranya. Jika pekerjaan sampingan anda terlalu banyak menguras waktu dan menguras energi hingga anda tidak sempat istirahat, alangkah baiknya tidak menerima pekerjaan sampingan tersebut. Anda perlu mengetahui tubuh kita bukanlah mesin yang dapat anda paksa untuk bekerja terus menerus. Mesin pun juga bakal rusak jika terlalu lama divorsir untuk bekerja tanpa jeda, apalagi tubuh manusia. Maka dari itu sangat perlu sekali untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

  • Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan juga salah satu penyeimbang keduan pekerjaan agar semakin lancar. Tidak apa minum kopi asalkan jangan terlalu sering. Saat anda di kejar deadline yang mepet dan harus lembur semalaman, maka kopi bisa menjadi penyelamat anda. Namun anda juga harus berhati hati , jangan sampai kopi tersebut membuat anda menjadi kecanduan atau ketergantungan. Sebaiknya minumlah kopi sesuai kebutuhan saja ya agar tidak mengakibatkan kecanduan. Alangkah baiknya untuk mengimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga banyak serat. Perbanyak juga dengan mengonsumsi buah dan sayur ya.

  • Istirahat Yang Cukup

Tips yang penting adalah istirahat yang cukup.  Istirahat merupakan hal yang penting. Jangan sampai karena anda tidak memiliki waktu untuk istirahat, anda menjadi stres dan tertekan hingga mudah jatuh sakit. Jika akhir pekan ini anda masih harus lembur, setidaknya akhir pekan berikutnya jadwalkan untuk dapat beristirahat penuh. Otak dan pikiran juga sangat membutuhkan jeda istirahat agar dapat kembali berfungsi optimal.

  • Mengerjakan Satu Hal dalam Satu Waktu

Alangkah baiknya jangan mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu ya. Sebaiknya kerjakan dan selesaikan semua satu hal dalam satu waktu. Misalnya, jika di kantor ya fokus untuk mengerjakan pekerjaan di kantor. Jangan sampai anda dibuat sibuk lagi dengan urusan pekerjaan sampingan anda.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *