Hot!

Resep Sederhana Membuat Telur Asin Yang Enak

Resep Sederhana Membuat Telur Asin Yang Enak

Bangsa Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai makanan yang lezat. Bukan hanya itu saja ,di Indonesia sendiri telah banyak dikenal sebagai bangsa yang sangat kreatif dalam mengolah makanan. Tidak hanya membuat makanan menjadi lezat, namun bangsa Indonesia ini dari zaman dulu juga memikirkan bagaimana agar makanan tersebut bisa tetap awet dan layak untuk dimakan jika disimpan berhari-hari.

Di Indonesia sendiri banyak sekali makanan yang bisa di awetkan dan sangat populer dikalangkan masyarakat. Salah satu makanan tersebut adalah telur asin. Telur asin memiliki kandungan unsur gizi yang cukup lengkap. Kandungan mineral dan kalsium yang ada dalam telur asin akan meningkat 2,5 kali setelah proses pengasinan.

Banyak sekali orang yang menyukai makanan yang satu ini ,karena rasanya yang enak dan juga berbeda dengan telur lainnya. Namun banyak juga yang tidak suka dengan makanan ini di karenakah baunya yang cukup amis. Telur asin yang enak dan nikmat adalah yang masir dan di dalamnya berwarna oranye cerah, kuning hingga kemerahan. Rasa asinnya pun tidak terlalu menyengat dengan minyak kuning telur yang banyak ditambah dengan putih telur yang rasanya gurih.

Namun terkadang salah dalam proses pembuatannya membuat telur ini hasilnya tidak sesuai yang di harapkan. Pastinya hal ini membuat sedikit kecewa bukan ? Tenang ,jangan panik berikut ini ada beberapa cara dalam membuat telur asin yang enak dan nikmat, caranya yaitu melalui perendaman air garam, adonan garam dan batu bata serta abu gosok. Simak yuk penjelasan berikut ini :

⊗ Rendam Dengan Air Garam

Cara yang pertama adalah perendaman air garam. Siapkan air kemudian masukkanlah garam secukupnya. Setelah itu aduk hingga garam larut. Jika garam sudah larut kemudian masukkan telur yang sudah dibersihkan. Lalu rendam telur tersebut selama kurang lebih 10 hari.

⊗ Bungkus Telur Dengan Adonan Garam

Cara yang kedua adalah perendaman adonan garam. Siapkan garam kemudian campur garam tersebut dengan sedikit air sampai berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pasta garam ini pada telur sampai semua bagian tertutup semua. Simpan telur yang sudah di baluri adonan garam selama kurang lebih 4 – 5 hari. Jika sudah cukup waktu telur pun siap untuk dikonsumsi.

⊗ Bungkus Telur Dengan Adonan Batu Bata dan Abu Gosok

Cara yang ketiga adalah perendaman dengan batu bata dan abu gosok. Caranya pun hampir sama dengan cara yang kedua tadi. Siapkan terlebih dahulu batu bata ( haluskan ) ,garam dan abu gosok. Kemudian campurkan abu gosok dan batu bata yang sudah di haluskan dengan garam. Ingat perhatikan juga perbandingan ketiga bahan ya. Campurkan dengan perbandingan 2:2:3. Kemudian tambahkan sedikit air sampai berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada telur bebek sampai terbungkus rapi dengan ketebalan 1 cm ya. Jika sudah ,kemudian simpan telur tersebut selama 7 sampai 15 hari.

Nah itulah tadi 3 cara membuat telur asin yang enak. Mudah sekali kan membuatnya. Jika anda ingin membuat telur asin yang enak anda bisa mencoba salah satu cara dari ketiga cara diatas. Pilih cara yang menurutmu paling mudah ya. Daripada beli mending membuat telur asin sendiri di rumah yuk dengan mempraktekkan cara diatas. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dan kualitas dari telur asin ya. Saat akan membuat telur yang paling penting adalah dalam pemilihan telurnya ya. Pilih yang benar – benar masih layak untuk di buat telur asin agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *