Hot!

Cara Menyimpan Susu Agar Tidak Mudah Menggumpal Dan Basi

Cara Menyimpan Susu Agar Tidak Mudah Menggumpal Dan Basi

Setiap ibu pasti ingin memberikan ASI eksklusif untuk anaknya hingga batas waktu yang ditentukan. Namun sayangnya tidak semua ibu bisa melakukan ini karena berbagai alasan tertentu. Alhasil si kecil pun harus disambung dengan susu formula atau susu bubuk.

Susu formula ini di berikan sebagai susu penyambung, namun sayangnya penyimpanan yang salah dapat membuat susu ini mudah basi dan mudah menggumpal. Jika sudah begini pasti membuat anda menjadi bad mood ,iya kan ? Apalagi jika susu tersebut baru saja di beli dan sudah menggumpal. Susu yang telah menggumpal pastinya akan sangat mempengaruhi kualitas dari rasa susu ini sendiri. Maka dari itu diperlukan penyimpanan yang tepat agar susu tidak mudah menggumpal dan lebih awet.

Berikut ini ada cara untuk menyimpan susu formula agar tidak mudah menggumpal. Berikut adalah cara – caranya ,jangan lupa untuk ikuti tipsnya.

♣ Langkah yang pertama agar terhindar dari susu yang menggumpal adalah memperhatikan kemasannya. Saat anda akan membeli susu formula alangkah baiknya untuk memperhatikan kemasannya terlebih dahulu. Perhatikan apakah kemasan tersebut baik atau berkarat atau bahkan malah bocor.

Sangat disarankan untuk memperhatikan tempat display susu tersebut, usahakan untuk memilih bagian yang tidak terkena sinar matahari jika memang membelinya di supermarket atau pun swalayan.

♣ Saat setelah sampai di rumah kemudian simpan susu bubuk yang telah di beli tadi pada kaleng yang tertutup rapat, hal ini agar susu bisa bertahan lebih lama. Akan lebih baik lagi jika kemasan yang dipilih merupakan yang kedap dengan udara. Susu yang tidak disimpan dengan baik maka akan cepat basi atau kadaluarsa.

Susu yang telah berubah menjadi basi biasanya akan ditandai dengan perubahan partikel pada susu yang menggumpal sebab penyerapan uap air dari udara. Bukan hanya itu saja biasanya susu yang sudah basi baunya pun akan berubah menjadi tengik. Baunya yang menjadi tengik ini dikarenakan oksidasi lemak yang terkena panas. Susu yang basi juga akan membuat warnanya berubah.

Nah bunda ,itulah cara praktis dalam menyimpan susu agar tidak mudah menggumpal dan cepat basi. Selain dengan cara diatas anda juga harus lebih memperhatikan masa guna susu bubuk tersebut ya. Susu bubuk yang sudah dibuka dari kemasan alangkah baiknya untuk dihabiskan dalam jangka waktu 6 bulan saja jangan sampai lebih ya. Sangat disarankan untuk tidak membuang alumunium foil hal ini berguna jika susu bubuk yang di beli  dalam kemasan kardus. Sebaiknya lipat saja alumunium foilnya kemudian masukkan kedalam wadah atau stoples yang kedap dengan udara.

Jika anda menemui susu yang berubah meskipun belinya juga belum lama ,cepat cek kadaluarsanya. Alangkah baiknya lagi jika tidak memberikan susu tersebut untuk si kecil. Takutnya jika susu tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Dan malah akan berdampak buruk untuk si kecil.

Sebaiknya pilih susu yang disukai si kecil ya. Agar ia tetap mau meminumnya dan asupan nutrisinya tetap terpenuhi meskipun dengan susu penyambung. Susu ini sangat penting untuk si kecil. Selain itu anda juga harus menambahkan asupan gizi yang cukup dengan memberinya sayuran dan buah – buahan. Namun jika si kecil belum ada satu tahun ,anda membuatkannya makanan seperti bubur yang di campur dengan sayuran.  Semoga si kecil sehat selalu bunda. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun.

Pencarian:

  • bagaimana cara mencegah agar susu tidak menggumpal
  • bagaimana cara mencegah susu menggumpal
  • cara agar susu tidak menggumpal
  • cara mencegah suau tidak menggumpal
  • cara mencegah susu menggumpal
  • mencegah susu formula menggumpal

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *